Menu

Mode Gelap

Daerah · 16 Jun 2022 22:18 WIB ·

Tingkatkan Profesionalisme Prajurit, Lanal Sabang Gelar Uji Terampil Glagaspur Pangkalan TNI AL Tahun 2022


 Tingkatkan Profesionalisme Prajurit, Lanal Sabang Gelar Uji Terampil Glagaspur Pangkalan TNI AL Tahun 2022 Perbesar

StarindoNews.com | Sabang-, Dalam rangka meningkatkan kemampuan dan profesionalisme prajurit, Pangkalan TNI AL Sabang menggelar Uji Terampil Gladi Tugas Tempur (Glagaspur) Pangkalan TNI AL Tahun 2022 yang dibuka secara resmi oleh Komandan Lanal Sabang diwakili Palaksa Letkol Laut (KH) Husni, S.Ag., bertempat di Ruang Rapat Mako Lanal Sabang, Jalan Yos Sudarso, Desa Kuta Ateuh, Kecamatan Sukakarya, Kota Sabang, Rabu (15/6/2022).

Kegiatan Glagaspur Pangkalan TNI AL Tahun 2022 di Lanal Sabang akan dilaksanakan selama 3 hari mulai tanggal 15 sampai dengan 17 Juni 2022 dengan materi latihan diantaranya Ujian Tulis, Pemeriksaan Sofware, P5T (Penaikan Bendera, Apel Divisi Jaga, Serah Terima Penjagaan, Pergantian Pengawal, Ronda Malam, Valreep, dan Jajar Kehormatan), Peraturan Baris Berbaris (PBB), Bongkar Pasang Senjata, Tali Temali, Pluit, Persemayaman dan Pemakaman Jenazah, Semaphore, Renang Militer, Menembak, Pertahanan Pangkalan (Hanlan), Peran Kebakaran (PEK), Dukungan Kesehatan (Dukkes), dan Penanggulangan Huru Hara (PHH).

Dalam sambutannya, Komandan Lanal Sabang diwakili oleh Palaksa menyampaikan bahwa kegiatan Gladi Tugas Tempur (Glagaspur) ini merupakan kegiatan yang dilaksanakan setiap tahun oleh Tim dari Komando Latihan Armada I, kegiatan ini ditujukan untuk menguji ketangkasan dan profesionalisme prajurit, khusus Prajurit Lanal Sabang dalam pelaksanaan kelancaran tugas pokok dan menjadikan prajurit yang profesional, tangguh dan trengginas.

Pada dasarnya Uji Terampil Tingkat 1/P1 dititik beratkan pada kesiapan perorangan dan kelompok dalam menggunakan peralatan atau persenjataan, sedangkan Tingkat 2/P2 merupakan kesiapan pangkalan dalam melaksanakan tugas bersama-sama secara teknis dan taktis sesuai tugas dan fungsi sehingga memberikan gambaran tentang kesiapan operasional kesatuan.

Mengingat pentingnya kegiatan Uji Terampil Glagaspur Tingkat 1/P1 dan Tingkat 2/P2 sebagai Prajurit Matra Laut, maka dalam pelaksanaannya diharapkan agar seluruh anggota Lanal Sabang dapat melaksanakan seluruh rangkaian kegiatan dengan sungguh-sungguh, penuh semangat dan mengutamakan keselamatan baik personel dan materil.

Baca Juga   Danlanal TBA Kunjungan Safari ke Posal Sei Berombang dan Pos Babinpotmar Tanjung Leidong

Sementara itu, Katim Kolat Letkol Laut (P) Didik Hermawan, M.Tr.Hanla., menyampaikan bahwa
kegiatan Glagaspur merupakan program rutin tahunan dari Kolat Koarmada I yang mana pelaksanaannya sebenarnya dilaksanakan setiap tiga bulan melalui Kolat, dan kegiatan ini merupakan perintah dari
Pangkoarmada I agar Pangkalan TNI AL dibawah jajaran Koarmada I melaksanakan uji Glagaspur yang merupakan bentuk penilaian terhadap penyelenggaraan latihan pangkalan untuk menentukan berhasil tidaknya suatu latihan.

Uji Terampil Glagaspur Pangkalan Tahun 2022 ini selaras dengan Perintah Harian Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono yakni “Membangun sumber daya manusia yang unggul dan profesional, serta tangguh dalam menghadapi segala ancaman”.

Turut hadir dalam kegiatan, Danlanal Sabang diwakili Palaksa Letkol Laut (KH) Husni, S.Ag., Pasintel Mayor Laut (T) Rudi Amirudin, Kepala Rumkital J. Lilipory Sabang Mayor Laut (K) dr. Widodo Rahayu, Dandenpomal Mayor Laut (PM) Hengki Ade Setiawan, S.H., Paspotmar Kapten Laut (K) dr. Eko Tjandra Aprilianto, Pasprogar Kapten Laut (S) Mahdani, S.H., Dankal Iboih I-1-71 Kapten Laut (P) Surya Dharma, dan Seluruh Perwira Staf Lanal Sabang.

Sedangkan Tim Kolat Koarmada I, yakni Letkol Laut (P) Didik Hermawan, M.Tr.Hanla (Katim Kolat),
Mayor Mar Suyatno, Serda Nav Richo Hermanto, Serda Bah Suprapto, dan Serda Bah Agus Suwito

Artikel ini telah dibaca 2 kali

Baca Lainnya

Posyandu Nagari Pansel Berbenah, Wali Didi Al Amin Buka Pelatihan

18 Juli 2024 - 13:38 WIB

TENANG MAMA SEMUA GERATIS YG PENTING ANAK SEMBUH”,itu lah ungkapan rasa syukur yg di ucapkan Prajurit Lintas Udara 432 setelah mengobati infeksi akibat luka pada Alex anak dari mama Lawiya di Distrik Mbua,Kabupaten Nduga,Papua Pegunungan,(18/07/2024).

18 Juli 2024 - 10:37 WIB

Giat Rosita Di Distrik Yigi Masih Konsisten Dilaksanakan Prajurit Lintas Udah Sampai Dengan Sekarang Dan Mendapat Apresiasi Positif Dari Bapa Suku Waipan Murib,Distrik Yigi,Kabupaten Nduga,Papua Pegunungan,(18/07/2024).

18 Juli 2024 - 10:22 WIB

KKN Mahasiswa – Mahasiswi UNDIP di Desa Penggarit Pemalang

18 Juli 2024 - 10:15 WIB

Sosialisasi Gema Paud Kecamatan Randudongkal dan Kecamatan Warungpring Pemalang 2024

17 Juli 2024 - 23:03 WIB

Sosialisasi Tentang Verifikasi dan Validasi Data Untuk Kesejahteraan Masyarakat Desa Wisnu Pemalang

17 Juli 2024 - 22:49 WIB

Trending di Daerah