Menu

Mode Gelap

Hukum dan Kriminal · 7 Apr 2022 13:54 WIB ·

Tak Terima Diputuskan.!! Mantan Pacar Sebar Aib Korban Lapor Polisi Minta Pelaku Segera Ditangkap 


 Tak Terima Diputuskan.!! Mantan Pacar Sebar Aib Korban Lapor Polisi Minta Pelaku Segera Ditangkap  Perbesar

StarindoNews.Com | Sumatera Utara – Mendapatkan laporan pengaduan dari korban yang merasa dirinya sudah dipermalukan dan tidak tahu lagi dimana akan mengadukan nasibnya dan ingin meminta keadilan .

Kamis 7 April 2022, korban berinisial ‘ fss ‘ yang sekarang berdomisili di Subang Jawa barat, meminta pertolongan kepada media ini karena dirinya telah dirugikan dan dipermalukan melalui aplikasi grup wa serta ancaman .

Berawal dari hubungan yang dijalaninya bersama pacarnya yang belum lama ia kenal. Pelaku ” Antonius Dewan Permadi Naibaho ” yang telah menyebar video fulgar dirinya ke aplikasi group wa, dan pelaku juga mengancam korban,apabila korban memutuskan cintanya dia tidak akan segan – segan menyebarkan video ini ke aplikasi atau teman lainnya, dan menurut salah seorang itu teman yang telah menerima video fulgar tersebut pun sangat kasian kepada korban .

Pelaku yang sekarang berdomisili di Padang dan bekerja sebagai kuris pengiriman batang di Ninja Expres. Korban ” Fss” selalu mendapat ancaman dan teror dari tersangka yang tak terima diputuskan cintanya.

Merujuk pada UUD ITE :

Setiap orang saat ini begitu dekat dengan dunia informasi dan teknologi, yakni dengan smartphone atau telepon seluler (handphone) yang bisa mengakses internet dan sosial media, sehingga dengan cepat segala informasi bisa dengan mudah didapatkan, atau dengan kata lain informasi sudah dalam genggaman setiap orang.

Akan tetapi, smartphone tersebut juga bisa digunakan ke arah negatif untuk melakukan perbuatan melawan hukum oleh seseorang terhadap orang lain, baik pengancaman maupun perbuatan menyerang kehormatan atau penghinaan atau pencemaran nama baik dengan menyebarkan aib orang lain secara melawan hukum dengan menggunakan Media Elektronik baik lewat WhatsApp, Short Message Service (SMS), Facebook (FB), YouTube maupun konten lainnya pada sosial media yang dapat dikenakan pidana berdasarkan Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (UU ITE) sebagaimana telah diubah oleh Undang-Undang Nomor 19 Tahun 2016 tentang Perubahan Atas Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (UU 19/2016).

Baca Juga   Unit Reskrim Polsek Bekasi Utara Gelar Ungkap Kasus Penganiayaan dengan Penusukan Akibatkan Korban Meninggal Dunia

Dalam Perspektif hukum, mengenai pengancaman dalam dunia maya diatur pada UU ITE. Pengancaman melalui media elektronik, pelaku pengancaman dapat diancam pidana berdasarkan UU ITE tersebut di atas, yaitu pada Pasal 45B UU 19/2016 jo. Pasal 29 UU ITE, dengan bunyi sebagai berikut:

Pasal 29 UU ITE, yaitu “Setiap Orang dengan sengaja dan tanpa hak mengirimkan Informasi Elektronik dan/atau Dokumen Elektronik yang berisi ancaman kekerasan atau menakut-nakuti yang ditujukan secara pribadi.”

Pasal 45B UU 19/2016, yaitu “Setiap Orang yang dengan sengaja dan tanpa hak mengirimkan Informasi Elektronik dan/atau Dokumen Elektronik yang berisi ancaman kekerasan atau menakut-nakuti yang ditujukan secara pribadi sebagaimana dimaksud dalam Pasal 29 dipidana dengan pidana penjara paling lama 4 (empat) tahun dan/atau denda paling banyak Rp 750.000.000,00 (tujuh ratus lima puluh juta rupiah).”

Dalam Penjelasan Pasal 45B UU 19/2016, dijelaskan bahwa Ketentuan dalam Pasal ini termasuk juga di dalamnya perundungan di dunia siber (cyber bullying) yang mengandung unsur ancaman kekerasan atau menakut-nakuti dan mengakibatkan kekerasan fisik, psikis, dan/atau kerugian materiil.

Sementara penyebar aib orang lain di media sosial (medsos) yang bertujuan menyerang kehormatan dan martabat orang lain, sering terjadi dengan memposting foto-foto dari seseorang tanpa hak, lengkap dengan narasi untuk mengungkapkan aib seseorang adalah perbuatan melawan hukum UU ITE (straafbaar feit) yaitu pencemaran nama baik.

Dimohon kepada kepolisian republik Indonesia , khusunya wilayah hukum dimana tersangka tinggal . segera tangkap pelaku penyebar aib yang merugikan korban atas nama ” FSS ” Subang Jawa barat.

Darmada Girsang

Artikel ini telah dibaca 59 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Kapolrestro Jakarta Utara Terima Aduan Bocil Kehilangan HP di Pos Pengamanan Ancol

15 April 2024 - 23:30 WIB

Seret Terduga Pelaku Penggelapan Uang UKW PWI Ke Ranah Hukum

15 April 2024 - 17:58 WIB

Dua Pelaku Pengeroyokan Mahasiswa Diamankan, Kapolresta Jambi : Dipicu Cemburu

9 April 2024 - 12:43 WIB

Ketua AWNI Jambi Kecam Kekerasan Terhadap Wartawan Oleh Oknum TNI Di Jambi

7 April 2024 - 15:57 WIB

Pelaku Curas HP di Jalan Tiyuh Pagar Dewa Berhasil Ditangkap Polisi

6 April 2024 - 11:20 WIB

Tindak Lanjuti Laporan Masyarakat, Kasat Resnarkoba Polresta Jambi Grebek Rumah Diduga Basecamp Narkoba

6 April 2024 - 09:59 WIB

Trending di Hukum dan Kriminal