Menu

Mode Gelap

Daerah · 21 Nov 2023 19:57 WIB ·

Plt Bupati Pasaman Sabar.AS : Jadikan Bintek Sertifikat Elektronik Wadah Pengelolaan Arsip Yang Terintegrasi


 Plt Bupati Pasaman Sabar.AS : Jadikan Bintek Sertifikat Elektronik Wadah Pengelolaan Arsip Yang Terintegrasi Perbesar

Starindonews.com Pasaman —Dalam rangka mewujudkan percepatan implementasi Sistem Pemerintah Berbasis Elektronik (SPBE), Pemerintah Kabupaten Pasaman akan menerapkan penggunaan tanda tangan elektronik dalam dokumen kedinasan elektronik sehingga kerentanan memalsukan tandatangan dan memodifikasi data dokumen dapat dihindari.

Pemerintah Kabupaten Pasaman melalui Dinas Kominfo

Kabupaten Pasaman saat ini telah menerbitkan Sertifikat Elektronik bagi Pimpinan Daerah, seluruh Kepala OPD, Camat dan Pimpinan Unit Kerja di lingkungan Pemerintah Kabupaten Pasaman. Penerbitan Sertifikat Elektronik ini dilakukan sebagai tindak lanjut Penandatangan Perjanjian Kerja Sama (PKS) antara Pemerintah Kabupaten Pasaman dengan Balai Sertifikasi Elektronik (BSrE) Badan Siber dan Sandi Negara pada tanggal 28 Februari 2023 di Jakarta.

Hal tersebut disampaikan Kepala Dinas Kominfotik Pasaman Budhi Hermawan saat menyampaikan laporanya dalam.kegiatan Sosialisasi dan bimbingan tekhnis pemanfaatan sertifikat elektronik dilingkungan Pemerintah daerah Pasaman di Aula Lantai III Kantor Bupati Pasaman.”Senin 20/11/2023.

Kepala Dinas Kominfotik Pasaman Budhi Hermawan. SH juga mengatakan Sosialisasi dan bimbingan teknis pemanfaatan sertifikat elektronik di lingkungan Pemerintah Kabupaten Pasaman dilaksanakan
bertujuan untuk menyatukan cara pandang, pemahaman dan teknis penggunaan tanda tangan elektronik bagi seluruh kepala opd, camat dan pejabat struktural yang telah diterbitkan sertifikat elektroniknya yang nantinya akan digunakan untuk menandatangani dokumen kedinasan.

Disamping itu Budhi Hermawan juga menjelaskan Penerapan tanda tangan elektronik dalam pemerintahan sebagai upaya pemerintah daerah untuk meningkatkan efisiensi kerja dan kecepatan pelayanan kepada masyarakat.

Dengan adanya tanda tangan elektronik dapat mengatasi hambatan ketika pejabat yang bersangkutan diperlukan tanda tangannya, ternyata sedang keluar kota. Sehingga dengan adanya tanda tangan elektronik akan mempermudah pelaksanaan tanda tangan dari pejabat yang bersangkutan.

Selain itu tanda tangan elektronik juga dapat mengurangi jumlah dokumen di gudang arsip karena banyaknya sampah kertas, dan memudahkan penyebaran surat keputusan yang dibutuhkan oleh banyak pegawai pemerintahan. ungkap Budhi Hermawan,

Baca Juga   Danlanal Palembang Hadiri Acara Peresmian Masjid Sopiah dan Tausiyah Bersama Ustadz Prof. H. Abdul Somad., LcD, D.E.S.A., Ph.D.

Pasca dilaksanakanya penandatanganan perjanjian kerja sama (pks) pemanfaatan sertifikat elektronik antara pemerintah kabupaten pasaman dengan balai sertifikasi elektronik (bsre) badan siber dan sandi negara, maka seluruh kepala opd, camat, dan pejabat struktural Yang menjadi pimpinan unit kerja di lingkungan pemerintah kabupaten pasaman telah diterbitkan sertifikat elektroniknya.”terang Budhi Hermawan

Namun tanda tangan elektronik ini dalam sistem pemerintahan perlu memiliki kekuatan hukum sehingga menjadi solusi legalitas di era digital.

Tanda tangan elektronik pada dokumen elektronik memiliki kekuatan hukum yang setara dengan tanda tangan basah pada dokumen kertas.

Untuk itu pemerintah kabupaten pasaman saat ini sedang menyiapkan regulasi yang mengatur penyelenggaraan dan penggunaan sertifikat elektronik dan tanda tangan elektronik di lingkungan pemerintah kabupaten pasaman.”terang Budhi Hermawan.

Sebelum membuka Bintek tersebut dalam arahanya Plt Bupati Pasaman Sabar. AS kepada seluruh peserta sosialisasi dan bimtek mengucapkan selamat mengikuti kegiatan ini, dan kepada narasumber serta panitia pelaksana Sabar.AS juga mengucapkan terimakasih atas kerjasama dan kebersamaannya sehingga kegiatan ini dapat terlaksana dengan baik.

Sabar. AS, juga menyebutkan Sesuai arahan presiden republik indonesia bahwa di era digital ini dimana cara-cara lama konvensional/ manual dalam pengelolaan arsip, dialihkan dengan cara baru yang merupakan inovasi dan adaptasi tik sehingga pengelolaan kearsipan dan surat menyurat menjadi terintegrasi, efisien, dan efektif serta terdokumentasi dengan baik.

Pemerintah kabupaten pasaman dalam waktu dekat akan segera menerapkan aplikasi surat menyurat yang bernama srikandi (sistem informasi kearsipan dinamis terintegrasi), dimana proses penandatangannya menggunakan tanda tangan elektronik tersertifikasi.

Semoga kolaborasi antara dinas kominfo dan dinas perpustakaan dan arsip bisa segera menyiapkan aplikasi srikandi ini dan bisa launching dalam tahun ini.

Baca Juga   Polda Sulsel Gelar Jum'at Curhat Dengan Warga Kec.Tompo Bulu

Oleh karena itu, sehubungan dengan percepatan penyelenggaraan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE), saya menyambut baik dengan diadakannya sosialisasi dan bimbingan teknis pemanfaatan sertifikat elektronik ini sehingga kedepannya kita bisa maksimal memberikan layanan dan informasi kepada masyarakat demi terlaksananya pemerintahan yang baik.(Karno),

Artikel ini telah dibaca 21 kali

Baca Lainnya

Rapat Koordinasi Rekonfirmasi Anak Tidak Sekolah di Wilayah Kabupaten Pemalang

13 Juni 2024 - 22:43 WIB

KAJATI KEPRI TEGUH SUBROTO. SH., MH. MENYERAHKAN SECARA SIMBOLIS HEWAN QURBAN KEPADA PANITIA QURBAN MASJID SHAFWAN KEJAKSAAN TINGGI KEPULAUAN RIAU

13 Juni 2024 - 22:02 WIB

TIM DIREKTORAT A DAN E PADA JAM INTELIJEN KEJAKSAAN RI LAKUKAN MONITORING, SUPERVISI DAN EVALUASI GABUNGAN   KINERJA BIDANG INTELIJEN TAHUN 2024 DI WILAYAH HUKUM KEJATI KEPRI

13 Juni 2024 - 21:54 WIB

DANLANTAMAL IV TINJAU PERSONIL TNI AL POSAL NIPAH SEBAGAI GARDA TERDEPAN PENJAGA NKRI

13 Juni 2024 - 21:46 WIB

Polres Bintan Menyala, Raih Juara 1 Turnamen Bola Voli Bupati Bintan Cup.

13 Juni 2024 - 21:39 WIB

Peringati Hari Bhayangkara Ke-78, Polres Bintan Laksanakan Turnamen Bola Voli. 

13 Juni 2024 - 21:30 WIB

Trending di Daerah