Menu

Mode Gelap

Uncategorized · 8 Jun 2022 10:34 WIB ·

Pemdes Galih Lunik Bangun Talud Penahan Tanah Area Persawahan Guna Kelancaran Mobilitas Warga Sebagai Penunjang Ketahanan Pangan


 Pemdes Galih Lunik Bangun Talud Penahan Tanah Area Persawahan Guna Kelancaran Mobilitas Warga Sebagai Penunjang Ketahanan Pangan Perbesar

Starindonews.com.Lampung selatan
Dana desa tahun anggaran 2022 mulai direalisasikan oleh pemerintah desa galih Lunik kecamatan Tanjung bintang kabupaten Lampung Selatan. Salah satunya proses pengerjaan bangunan pondasi talud atau dapat disebut juga dengan Talut penahan tanah (TPT). Lokasi proses pembangunan Talut berada diarea persawahan warga di desa galih lunik.

Kontruksi talud bekerja untuk menahan gaya tekanan aktif lateral suatu tanah sehingga mampu memperbesar tingkat kestabilan tanah. Umumnya, talud penahan tanah ini dibuat pada daerah-daerah dengan kondisi tanah yang cenderung masih labil seperti yang dilakukan di jalan area persawahan desa galih Lunik ini.

Sagian besar dinding penahan tanah alias dinding penahan ini dibuat dari pasangan batu kali atau batu belah dengan campuran semen, pasir, dan air.

Akses jalan ini sangat penting bagi warga masyarakat sekitar untuk menunjang aktivitas serta mobilitas sehari hari terutama di sektor pertanian. Seperti lahan sawah warga dan peladangan serta akses pengguna jalan lainnya.

Tim media ini mencoba mengkonfirmasi salah satu warga desa galih Lunik pada hari Selasa 7/6/2022 dan bertemu dengan salah satu warga yang bernama bapak Muhamad, saat ditemui di seputaran lokasi proses pembangunan Talud dan di tanya mengenai tanggapan dengan adanya pembangunan Talut Penahan tanah Muhamad merasa senang dikarenakan badan jalan terasa lebih lebar sehingga akses jalan lebih nyaman dari yang sebelumnya.

” Alhamdulillah, Sangat senang sekali adanya talud ini jalananan juga tambah lebar. Untuk akses orang tani itu jadi lebih mudah ” ungkapnya.

Dari pantauan media ini badan jalan masih berupa tatanan batu onderlagh. Ia pun berharap kedepannya agar jalan yang tengah dalam proses pembuatan Talud ini segera ditingkatkan kualitas jalannya seperti diaspal hotmix ataupun dengan dicor seperti rabat beton.

Baca Juga   Ketua Demokrat Lampung Merajut kemesraan Dengan Hanan Jelang Pilkada 27 November 2024.

” Untuk harapannya kedepan itu kalau bisa ya jalan ini segera diperbaiki di hotmix ataupun di rabat beton ” imbuhnya.

Lebih lanjut kepala desa galih lunik Mitra Adi Chandra saat ditemui menjelaskan tentang tujuan dan fungsi Talud penahanan tanah (TPT) supaya badan jalan terlihat dan dirasa lebih lebar sehingga dapat memudahkan kendaraan untuk berpapasan.

” Pembangunan talud ini bertujuan untuk masyarakat dikarenakan jalan ini merupakan akses lumbung pangan, kita upayakan pembuatan TPT ini supaya jelas badan jalan menjadi lebar sehingga bisa lebih mempermudah warga. Karena sebelumnya ketika ada kendaraan seperti mobil untuk berpapasan itu sulit sekali karena jalan sempit “. Jelasnya.

Kades mitra juga menyampaikan upayanya dalam hal pembangunan sektor alokasi lumbung pangan TPT untuk menunjang warga masyarakat sektor pertanian.

” Dengan upaya TPT ini akses jalan bisa lebih lebar sehingga alat alat pertanian seperti kendaraan angkutan pertanian juga lebih mudah. Dengan panjang talud 400 meter sisi sebelah kiri 200 meter dan kanan 200 meter, ketinggian 60 cm, dan lebar 60 cm ” ,pungkasya.

Diketahui nilai pagu anggaran ini mencapai lebih kurang Rp. 59.000.000,- . Dengan alokasi dana untuk ketahanan pangan mencapai 20% namun untuk didesa galih Lunik tidak semua dialokasikan untuk infrastruktur penunjang lumbung pangan akan tetapi juga di peruntukan seperti perikanan dan pembibitan pertanian dll. (Jauhari starindonews)

Artikel ini telah dibaca 9 kali

Baca Lainnya

Terapkan Keadilan Restorative, Polsek Peureulak Selesaikan Kasus Penipuan dan Penggelapan

14 Juni 2024 - 15:08 WIB

Kasi Humas Polres Aceh Timur Himbau Seluruh Anggota Polri: Hindari Siaran Langsung Saat Jam Dinas

13 Juni 2024 - 15:17 WIB

Sambut Hari Bhayangkara ke-78, Polres Aceh Timur Gelar Bakti Kesehatan Donor Darah

13 Juni 2024 - 13:32 WIB

Semarak Bhayangkara ke 78, Warga Masyarakat Aceh Timur Diajak Ramaikan Berbagai Lomba “Setapak Perubahan

12 Juni 2024 - 23:18 WIB

Ditlantas Polda Aceh Juara I dalam Upaya Menekan Laka Lantas secara Kolaboratif se-Indonesia

12 Juni 2024 - 23:12 WIB

Wakapolres Aceh Timur Pimpin Rapat Koordinasi Saber Pungli, Fokus pada Pencegahan

12 Juni 2024 - 13:42 WIB

Trending di Uncategorized