Menu

Mode Gelap

TNI DAN POLRI · 1 Agu 2023 11:12 WIB ·

Pasca Kebakaran di Kapuk Muara, Ini yang Dilakukan Polri & TNI


 Pasca Kebakaran di Kapuk Muara, Ini yang Dilakukan Polri & TNI Perbesar

StarindoNews.com Jakarta — Kabid Humas Polda Metro Jakarta Kombes Pol Trunoyudo turut meninjau lokasi pengungsian dan penempatan dapur umum Polri di Balai Kelurahan, Kapuk Muara, Penjaringan, Jakarta Utara, Senin (31/7/2023).

Di lokasi tersebut, Truno bersama Kapolres Metro Jakarta Utara Kombes Pol Gidion Arif Setyawan dan Dandim 0502/JU Letkol Kav. Topan Tri Anggoro mendiskusikan rencana pelayanan bersama (Polri-TNI) pasca kebakaran di pemukiman padat penduduk, Kapuk Muara, Penjaringan, yang terjadi pada Minggu (30/7/2023) kemarin.

“Saat ini bersama dengan Kapolres Metro Jakarta Utara dan Dandim 0502 dan Kelurahan Kapuk Muara, kita ketahui bencana kebakaran ini jadi perhatian kita bersama. Maka Polda Metro Jaya berkolaboratif bersama TNI dan pemerintah setempat kita melakukan langkah-langkah pasca kebakaran,” kata Trunoyudo.

Langkah pertama adalah pendataan jumlah korban pengungsi yang ditempati oleh warga korban kebakaran.

“Perlu kami laporkan, 3 unit tenda pengungsian ada 1.139 warga dan di balai kelurahan Kapuk Muara ada 60 jiwa,” ucapnya.

Kemudian, langkah-langkah penempatan bakti kesehatan lapangan baik dari TNI, Dokkes Polda Metro Jaya, dan Dokkes Polres Metro Jakarta Utara.

“Bersama TNI, Polda Metro Jaya termasuk Polres Metro Jakarta Utara melakukan pengecekan kesehatan bagi warga yang mengungsi,” tuturnya.

“Bagi anak-anak kita di sini (pengungsian) akan diberikan juga trauma healing, pemberian makanan tambahan bayi, susu, pampers, dan selimut,” lanjutnya.

Kemudian, pasca pendinginan nantinya akan dilakukan pembersihan di lokasi yang terdampak kebakaran.

“Usai pendinginan oleh pemadam kebakaran, anggota dari Polda Metro, TNI termasuk Polres Metro Jakarta Utara akan melakukan membersihkan sampah di lokasi kebakaran,” pungkas Trunoyudo.

Diketahui, sebanyak 400 rumah terdampak akibat kebakaran di permukiman penduduk di Kapuk Muara, Penjaringan, Jakarta Utara (Jakut). Sebanyak 1.000 orang dari 200 KK (kepala keluarga) dilaporkan mengungsi imbas kebakaran tersebut.

Baca Juga   DANLANTAMAL III JAKARTA HADIRI GERAKAN NASIONAL KETAHANAN PANGAN TAHUN 2023

Lokasi pengungsian tersebar di beberapa lokasi, seperti di tanah lapang Muara dekat lokasi kebakaran dan di Kantor Kelurahan Kapuk Muara.

(akbar)

Artikel ini telah dibaca 3 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Kapolres Tebo Pimpin Peletakan Batu Pertama Pembangunan Makopolsek Serai Serumpun

18 Juli 2024 - 14:27 WIB

LANTAMAL III JAKARTA LAKSANAKAN APEL GABUNGAN DAN UPACARA PENAIKAN BENDERA

18 Juli 2024 - 14:15 WIB

Upacara Bendera 17 Juli 2024: Panglima TNI Peringatkan Ancaman Siber dan Judi Online

18 Juli 2024 - 09:19 WIB

Pasis Seskoal Laksanakan Kuliah Kerja Manajemen

17 Juli 2024 - 22:17 WIB

Seskoal Kibarkan Bendera Merah Putih di Laut Jawa

17 Juli 2024 - 22:08 WIB

Operasi Patuh Krakatau 2024, Satlantas Polres Tulang Bawang Barat Lakukan Peneguran Secara Humanis Kepada Pelanggar Lalu – Lintas

17 Juli 2024 - 15:06 WIB

Trending di TNI DAN POLRI