Menu

Mode Gelap

Daerah · 9 Jun 2022 23:16 WIB ·

Pangkalan TNI AL Bandung Gelar Pelatihan Budidaya Udang Vaname Kepada Masyarakat Pesisir Tahun 2022


 Pangkalan TNI AL Bandung Gelar Pelatihan Budidaya Udang Vaname Kepada Masyarakat Pesisir Tahun 2022 Perbesar

StarindoNews.com | Pangandaran,- Komandan Lanal Bandung Kolonel Laut (KH/W) Dr. Renny Setiowati, S.T., M.Sc., M.Tr. Hanla., mendampingi Kadispotmaral Laksamana Pertama TNI Dr. Suradi A.S., S.T., S.Sos., M.M., membuka Pelatihan Budidaya Udang Vaname kepada 100 peserta Masyarakat Pesisir Tahun 2022 dalam rangka penyelenggaraan Ketahanan Pangan Masyarakat Pesisir Tahun 2022, bertempat di Dusun Bojong Salawe, Desa Karang Jaladri, Kecamatan Parigi, Kabupaten Pangandaran, Provinsi Jawa Barat, Rabu (08/06/2022). Kegiatan tersebut dilaksanakan selama 3 hari dari tanggal 7 sampai dengan 9 Juni 2022.

Komandan Lanal Bandung dalam sambutannya mengucapkan selamat datang di Pangandaran kepada Kadispotmaral beserta tim. Pangandaran adalah wilayah kerja Lanal Bandung dalam rangka mendukung Program Ketahanan Pangan TNI AL. Dimana Lanal Bandung sebagai pelaksana mengadakan kegiatan budidaya udang vaname karena udang vaname menjadi komoditi baru yang sedang digarap oleh TNI Angkatan Laut dalam hal ini Dispotmaral, karena budidaya ini menjadi faktor ekonomi yang menjanjikan, oleh sebab itu menjadi salah satu alasan TNI AL serius mengembangkan budidaya bidang perikanan itu. Bahkan, komoditi ini akan menjadi penyumbang pendapatan daerah terbesar, selain sektor pertambangan.

”Melalui Penyelenggaraan Pelatihan Ketahanan Pangan Masyarakat Pesisir TA. 2022, TNI AL berperan aktif meningkatkan Ketahanan Pangan Nasional menuju Indonesia Tangguh Indonesia Tumbuh”, besarnya potensi sumber daya alam laut tidak akan bermanfaat tanpa didukung oleh pengetahuan dalam pengelolaan, pemanfaatan dan pelestariannya, serta kesadaran dan komitmen yang tinggi pada seluruh elemen masyarakat dalam menangani kekayaan laut yang kita miliki. Untuk itu, kita harus memiliki komitmen bahwa laut dapat mensejahterakan ekonomi rakyat dan kita semua harus mendukung program pemerintah dalam mencukupi pemenuhan kebutuhan pangan salah satunya melalui budidaya udang Vaname.

Baca Juga   Untuk Mengasah Kemampuan Fisik dan Mental, Prajurit Lanal Tarempa Uji Kemampuan Kesegaran Jasmani

Lebih lanjut Danlanal Bandung mengucapkan terima kasih kepada semua instansi yang terkait dalam penyelenggaran pelatihan dan budidaya tambak udang Vaname yang telah membantu dan mendukung kegiatan ini. Semoga Tuhan Yang Maha Esa senantiasa memberikan bimbingan, petunjuk dan perlindungan kepada kita semua dalam membangun bangsa dan menjaga kelestarian alam yang diamanatkan kepada kita.

Pada kesempatan tersebut, Kadispotmaral Laksamana Pertama TNI Dr. Suradi A.S., S.T., S.Sos., M.M., dalam sambutannya mengatakan bahwa pelatihan ketahanan pangan masyarakat pesisir ini merupakan kegiatan dalam rangka meningkatkan sinergi dan kolaborasi TNI Angkatan Laut dengan masyarakat pesisir di bidang ketahanan pangan dalam mendukung pengolahan potensi maritim, dimana pelatihan ini diselenggarakan sebagai bentuk kepedulian dan perhatian TNI Angkatan Laut untuk meningkatkan kemampuan masyarakat pesisir dalam pengelolaan dan mengolah lahan guna mendukung program pemerintah dalam rangka mensukseskan ketahanan pangan nasional.

Selain itu, komitmen pemimpin TNI Angkatan Laut dalam meningkatkan sumber daya manusia masyarakat pesisir sangat tinggi, sehingga seluruh jajaran TNI Angkatan Laut juga harus menindak lanjuti keinginan dan harapan pemimpin tersebut, oleh sebab itu pelatihan ketahanan pangan masyarakat pesisir tahun 2022 ini agar dilaksanakan dengan sungguh-sungguh dan penuh rasa tanggung jawab, keberhasilan dalam pelatihan nanti akan sangat ditentukan oleh kesungguhan para peserta pelatihan dalam menjalankan tahapan-tahapan pelatihan, dengan mengikuti seluruh petunjuk dan prosedur yang ada serta memperhatikan segi keamanan personel dan material. Diharapkan akan mencapai hasil yang optimal.

Hadir dalam kegiatan tersebut antara lain Asisten II Kabupaten Pangandaran, Ketua DPRD Kabupaten Pangandaran, Dandim 0321 Ciamis, Kapolres Pangandran, Kadis Kelautan dan Perikanan Kabupaten Pangandaran, Narasumber 1 dan Narasumber 2.

Artikel ini telah dibaca 6 kali

Baca Lainnya

Lidik Pro Maros Resmi Laporkan Dugaan Pungli Penerima Bantuan PIP di SMA 7 Mallawa

14 Juni 2024 - 10:21 WIB

Rapat Koordinasi Rekonfirmasi Anak Tidak Sekolah di Wilayah Kabupaten Pemalang

13 Juni 2024 - 22:43 WIB

KAJATI KEPRI TEGUH SUBROTO. SH., MH. MENYERAHKAN SECARA SIMBOLIS HEWAN QURBAN KEPADA PANITIA QURBAN MASJID SHAFWAN KEJAKSAAN TINGGI KEPULAUAN RIAU

13 Juni 2024 - 22:02 WIB

TIM DIREKTORAT A DAN E PADA JAM INTELIJEN KEJAKSAAN RI LAKUKAN MONITORING, SUPERVISI DAN EVALUASI GABUNGAN   KINERJA BIDANG INTELIJEN TAHUN 2024 DI WILAYAH HUKUM KEJATI KEPRI

13 Juni 2024 - 21:54 WIB

DANLANTAMAL IV TINJAU PERSONIL TNI AL POSAL NIPAH SEBAGAI GARDA TERDEPAN PENJAGA NKRI

13 Juni 2024 - 21:46 WIB

Polres Bintan Menyala, Raih Juara 1 Turnamen Bola Voli Bupati Bintan Cup.

13 Juni 2024 - 21:39 WIB

Trending di Daerah