Menu

Mode Gelap

Daerah · 11 Jul 2024 16:01 WIB ·

Lomba Buka Gembok, Lapas Kuala Tungkal Latih Kesigapan Petugas


 Lomba Buka Gembok, Lapas Kuala Tungkal Latih Kesigapan Petugas Perbesar

StarindoNews.com KUALA TUNGKAL — Pengamanan merupakan salah satu tugas pokok setiap petugas Lapas maupun Rutan, oleh karena itu setiap petugas Lapas wajib menjaga dan melatih fisiknya agar selalu tampil prima dalam menjalankan tugas. Kalapas I Gusti Lanang ACP yang didampingi oleh Kepala KPLP dan Kasi Administrasi Kamtib mengadakan lomba buka gembok kamar di blok hunian Lapas Kuala Tungkal antar regu jaga. Kamis (11/07/2024).

Lomba Buka Gembok Kamar di Blok Hunian ini bertujuan untuk meningkatkan kesiapsiagaan, kerjasama, ketelitian dan fisik dalam pelaksanaan tugas dan fungsi sehari-hari.

Kegiatan ini diikuti oleh seluruh regu jaga yang diawasi secara langsung oleh para pejabat struktural yang hadir.

Sebelum memulai kegiatan, Kalapas I Gusti Lanang ACP kembali mengulas terkait tugas dan fungsi pengamanan di Lapas kepada jajarannya.

“Sebagai petugas Lapas, utamanya kita semua ini adalah pengamanan walaupun sebagian dari kita adalah pejabat dan staf yang mengurus administrasi perkantoran.

Oleh karena itu kita harus menjaga kesehatan jasmani sehingga tubuh tetap prima dalam menjalankan tugas kapanpun dibutuhkan, salah satunya yaitu dengan latihan fisik secara rutin”, ujar Gusti.

Gusti juga mengungkapkan bahwa Lomba ini semata-mata bertujuan untuk melatih kesiapsiagaan sebagai petugas Lapas.

“Jika terjadi bencana kebakaran atau bencana yang disebabkan oleh alam di Lapas, kita harus bisa memitigasinya serta mengambil keputusan secara tepat dan cepat sehingga mampu menyelamatkan banyak jiwa.

Namun jika membuka gembok kamar blok hunian saja kita masih lambat, lalu bagaimana kita bisa menyelamatkan banyak jiwa? Warga binaan kan juga manusia, kita harus menyelamatkan mereka jika terjadi bencana” lanjut Gusti sembari menceritakan pengalamannya dalam bertugas diberbagai Lapas dan Rutan.

Baca Juga   Jelang HUT TNI AL Ke-77, Lanal Sibolga Laksanakan Bhakti Kesehatan

Dalam Lomba, setiap regu jaga dilengkapi oleh kunci gembok kamar yang sebelumnya sudah diacak. Mereka dituntut agar bisa sesegera mungkin membuka gembok pada kamar di blok hunian yang sudah ditentukan.

Dengan kemampuan yang dimiliki oleh masing-masing anggota regu jaga, mereka mampu membuka setiap gembok kamar hunian secara cepat. Lomba dimulai dengan ditandai suara lonceng yang dipukul oleh panitia lomba.

Keseruan Lomba ini pun dirasakan oleh peserta dan pengawas lomba yang hadir. Kalapas I Gusti Lanang ACP menyampaikan ucapan terima kasih kepada peserta lomba yang sudah berupaya mengikuti perlombaan ini dengan baik.

(Samsul)

Artikel ini telah dibaca 12 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Operasi Patuh Seligi 2024 Polres Bintan, Tim Gabungan Lakukan Pemeriksaan di Jalan.

23 Juli 2024 - 18:32 WIB

Perbaikan Jembatan Auduri I Ditargetkan Rampung 5 Agustus Mendatang

23 Juli 2024 - 18:28 WIB

PUNCAK HBA KE-64 JAJARAN KEJATI KEPRI MENYELENGGARAKAN ACARA SYUKURAN

23 Juli 2024 - 14:55 WIB

SD Muhammadiyah Kebagusan Pemalang Gelar MPLS Tahun 2024

23 Juli 2024 - 09:50 WIB

SDN.4 Petarukan Pemalang Adakan MPLS Tahun 2024

22 Juli 2024 - 23:43 WIB

Pengajian Umum Dan Santunan Anak Yatim- Piatu Peringati 1 Muharam Di Kendal Doyong Pemalang

22 Juli 2024 - 23:38 WIB

Trending di Daerah