Menu

Mode Gelap

Uncategorized · 26 Jun 2022 10:03 WIB ·

Kades Dan BPD Salah balau Tinjau Langsung Kegiatan Pelaksanaan PKTD Tahun 2022


 Kades Dan BPD Salah balau Tinjau Langsung Kegiatan Pelaksanaan PKTD Tahun 2022 Perbesar

Starindonews.com.-Lampung selatan
Tanjung bintang,-
Pemerintah desa Sabah balau kecamatan Tanjung bintang kabupaten Lampung Selatan melaksanakan program padat karya tunai desa (PKTD) dengan membangun talud penahan tanah (TPT) di dusun ll desa setempat, jum’at (24/6/2022).

Padat Karya Tunai Desa (PKTD) merupakan kegiatan pemberdayaan masyarakat desa khususnya yang miskin dan marginal yang bersifat produktif dengan mengutamakan pemanfaatan sumber daya, tenaga kerja, dan tehnologi lokal untuk memberikan tambahan upah/pendapatan, meningkatkan daya beli, mengurangi kemiskinan, dan sekaligus mendukung penurunan angka stunting.

Padat Karya Tunai Desa dalam pelaksanaan Dana Desa diharapkan dapat menyerap tenaga kerja dalam jumlah besar, dengan memberikan honorarium (upah) langsung tunai kepada tenaga kerja yang terlibat, baik secara harian maupun mingguan, sehingga dapat memperkuat daya beli masyarakat, meningkatkan pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat.

Kepala desa Sabah balau Pujianto, S.E meninjau langsung dan sekaligus melaksanakan kegiatan PKTD dilokasi dibangunnya TPT bersama Aparatur serta Badan Permusyawaratan Desa (BPD)

Pujianto menyampaikan dibangunnya Talud penahanan tanah (TPT) di dusun 2 menggunakan anggaran dana desa (DD) tahap 2 tahun anggaran 2022 dengan panjang TPT kurang lebih 400 meter, lebar 25 CM, dan tinggi TPT 50 CM dengan nilai pagu anggaran mencapai Rp. 51.380.000

” Alhamdulillah, mulai dilaksanakan terealisasi didusun dua ini untuk TPT tahap dua tahun anggaran 2022 dengan panjang TPT lebih kurang empat ratus meter dengan lebarnya dua puluh lima centi meter serta ketinggian nya Lima puluh centi meter ” ungkap Pujianto.

Selain itu Pujianto menyampaikan bahwa didesanya untuk pembangunan fisik infrastruktur terbagi di beberapa titik yang ada didusun masing masing dengan bangunan yang sama yaitu TPT.

” Kita sama bangun Talud ini dibeberapa titik masing masing dusun baik dusun satu dua dan tiga ada pembangunan TPT untuk 2022 ini ” ujarnya.

Baca Juga   Satreskrim Polres Aceh Timur Amankan 2 Pelaku Pencabulan

Pujianto berpesan dengan dibangunnya pembangunan tersebut agar semua warga masyarakat dapat menjaga infrastruktur yang sudah dibangun dan ia juga menyampaikan bahwa warga sekitar juga diberdayakan dalam bekerja membangun talud guna memenuhi program PKTD sehingga dapat bermanfaat untuk mereka yang membutuhkan dan memang layak untuk diberdayakan.

” kami berharap bisa saling menjaga bareng bareng Semoga kedepannya desa Sabah balau semakin maju perkembangannya dan kita semua bersama warga, apartur desa, dan juga BPD bekerjasama untuk membangun Desa Sabah balau. Dan bisa kita lihat azaz kebermanfaatan juga kita berdayakan warga sekitar yang memang membutuhkan pekerjaaan dan kita ambil untuk bergabung dalam proses pengerjaan talud ini ” pungkas Pujianto.

Wakil ketua Badan permusyawaratan desa (BPD) Sabah balau Bambang Irawan mengungkapkan mengenai pembangunan TPT yang ada di dusun dua desa Sabah balau kali ini berdasarkan monitoring sudah sesuai dengan musyawarah warga.

” Ini merupakan usulan-usulan dari warga baik dari dusun 2A maupun dusun 2B melalui musyawarah sebelumnya untuk pembangunan talud ini, kami menerima informasi terkait pembangunan (TPT -red) untuk itu kami langsung turun bersama sama untuk mengawasi pelaksanaan pembangunan tersebut ” ungkapnya.

Dari pihak BPD juga menyampaikan pesan untuk warga dengan pembangunan yang sudah terealisasi agar dijaga bersama sama supaya bermanfaat jangka panjang dan untuk pemerintah desa agar selalu menjaga koordinasi dan kerjasama dengan BPD.

” Untuk warga, apa yang sudah kita sama sama bangun mari kita jaga Sama-sama agar bisa bermanfaat jangka panjang. Dan tentunya untuk pemerintahan desa kami selalu berharap koordinasi dan kerjasamanya antara kita ” tutupnya.
(Jauhari starindonews)

Artikel ini telah dibaca 24 kali

Baca Lainnya

Menuju WBK dan WBBM Polres Aceh Timur Gelar Apel Pencanangan Zona Integritas

23 Juli 2024 - 14:05 WIB

Pj. Bupati Aceh Timur Dukung Pencanangan Zona Integritas di Polres Aceh Timur

23 Juli 2024 - 13:56 WIB

Wartawan Aceh Timur Harapkan Pj. Bupati Jalin Silaturahmi dengan Media

21 Juli 2024 - 11:46 WIB

Berkat Penggalangan dan Pendekatan, Terduga Pelaku Perampasan Dengan Kekerasan Menyerahkan Diri

21 Juli 2024 - 11:23 WIB

Hari Ke-5 Operasi Patuh Seulawah 2024, Satlantas Polres Aceh Timur Giatkan Imbauan Kepada Masyarakat Patuh Berlalulintas

19 Juli 2024 - 19:59 WIB

Panitia Katibung Fair di Tetap kan, kegiatan Tanggal 03 – Agustus – 2024, Tari adat Budaya hingga Artis Bintang Pantura Akan Ramai kan Pesta Rakyat.

19 Juli 2024 - 15:59 WIB

Trending di Uncategorized