Menu

Mode Gelap

ADV · 23 Jun 2022 10:48 WIB ·

Dalami Subtansi Raperda Penyelenggaraan Perempuan Pansus V Kunjungi DP3AKB Jateng


 Dalami Subtansi Raperda Penyelenggaraan Perempuan Pansus V Kunjungi DP3AKB Jateng Perbesar

StarindoNews.Com, Kota Semarang – Panitia Khusus (Pansus) V DPRD Provinsi Jawa Barat melakukan studi komparasi terkait Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) tentang pemberdayaan dan perlindungan perempuan di Jawa Barat ke Provinsi Jawa Tengah. Terdapat perbedaan dalam penjudulan Raperda yakni Perda No. 2 Tahun 2021 tentang Penyelenggaraan Perlindungan Perempuan.

Wakil Ketua Pansus V DPRD Provinsi Jawa Barat, Thoriqah Nasrullah Fitriyah menyebut, secara substansi raperda tidak ada perbedaan hanya pada penjudulannya yang berbeda.

“Perda di Jateng dan raperda yang sedang kita bahas didalamnya mengakomodir perlindungan terhadap perempuan. Ada penyelenggaraan di rumah rentan, lalu di Jabar ada program sekoper cinta di Jateng dengan nama yang berbeda tetapi isinya sama,” Ujar Thoriqoh di Kantor DP3AKB Provinsi Jawa Tengah, Kota Semarang, Selasa (21/6/2022).

Dia melanjutkan, ada perda yang menjadi perhatian, nantinya perda itu dapat dimasukkan kedalam raperda pemberdayaan dan perlindungan perempuan yakni perda tentang pengarusutamaan gender, yakni bagaimana perempuan mendapatkan hak-hak yang setara dengan laki-laki, terlebih dalam konteks sosial ekonomi, kalangan perempuan rentan terhadap kekerasan baik sosial maupun aspek lainnya.

Sehingga menurut Thoriqoh, dengan adanya Perda tersebut dapat dijadikan acuan untuk diterapkan dalam Raperda Pemberdayaan dan Perlindungan Perempuan.

“Tentunya dalam perda pengarusutamaan gender juga tujuannya untuk meminimaliair kekerasan terhadap perempuan. Ini sangat sejalan dengan perda yang sedang kita bahas, dimana raperda pemberdayaan dan perlindungan perempuan substansi pembahasannya masih cukup luas,” tutupnya.

( Juhendi ), Humas DPRD Jabar
Sekretaris DPRD Provinsi Jawa Barat
Dr. Hj. Ida Wahida Hidayati, SE. ., M.Si

Baca Juga   Sekjen Kemendagri Suhajar Diantoro Apresiasi Kinerja Pj. Bupati Tebo
Artikel ini telah dibaca 19 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Operasi Patuh Seligi 2024 Polres Bintan, Tim Gabungan Lakukan Pemeriksaan di Jalan.

23 Juli 2024 - 18:32 WIB

Perbaikan Jembatan Auduri I Ditargetkan Rampung 5 Agustus Mendatang

23 Juli 2024 - 18:28 WIB

PUNCAK HBA KE-64 JAJARAN KEJATI KEPRI MENYELENGGARAKAN ACARA SYUKURAN

23 Juli 2024 - 14:55 WIB

SD Muhammadiyah Kebagusan Pemalang Gelar MPLS Tahun 2024

23 Juli 2024 - 09:50 WIB

SDN.4 Petarukan Pemalang Adakan MPLS Tahun 2024

22 Juli 2024 - 23:43 WIB

Pengajian Umum Dan Santunan Anak Yatim- Piatu Peringati 1 Muharam Di Kendal Doyong Pemalang

22 Juli 2024 - 23:38 WIB

Trending di Daerah