PBB : Walikota Bitung Segerah Sahkan Perda Kepemudaan Sesuai Amanat UU Republik Indonesia Nomor 40 tahun 2009 Tentang Kepemudaan. -->

Iklan Atas

SELAMAT DATANG DI WWW.STARINDONEWS.COM BERITA AKTUAL SESUAI FAKTA

PBB : Walikota Bitung Segerah Sahkan Perda Kepemudaan Sesuai Amanat UU Republik Indonesia Nomor 40 tahun 2009 Tentang Kepemudaan.

Thursday, November 11, 2021

Forum PBB dan Royke Tangkudung, Staf Khusus Walikota Bitung Bidang Pemberdayaan Organisasi Kemasyarakatan, Saat Memperingati Hari Pahlawan.


Bitung, Starindonews.com - Pemuda Bitung Bersatu (PBB) yang sudah hampir dua bulan berdiri sejak tanggal 27 September 2021 sebagai wadah anak muda dan juga forum lintas Organisasi Kemasyarakatan dan Pemuda (OKP) Kota Bitung, telah sukses membuat beberapa kegiatan positif diantaranya memperingati Hari Sumpah Pemuda pada Kamis, 28 Oktober 2021. 


Kali ini Pemuda Bitung bersatu menyuarakan pengesahan Peraturan Daerah (Perda) kepemudaan kepada Pemerintah Kota Bitung   sesuai, Amanat UU Republik Indonesia Nomor 40 tahun 2009 Tentang Kepemudaan.


Desakan kepada Pemerintah Kota Bitung agar segera membuat Perda kepemudaan di kota Layak PEMUDA itu disampaikan Adv. D Novian Baeruma, SH dan juga Serka (PURN). Adv. Tomy Lumuhu SH., MH., CPLC., CPCLE  dalam kegiatan, PBB memperingati hari Pahlawan 10 November 2021 kemarin yang bertempat di Taman Makam Pahlawan Kota Bitung, Kamis (11/11/2021)


Menurut Baeruma dengan adanya Peraturan Daerah (Perda) Kepemudaan diharapkan mampu siapkan pemuda hadapi persaingan global. 


"Peraturan ini sangat penting agar daerah memiliki konsep mengenai pemberdayaan kepemudaan yang terencana, terarah, terpadu, dan berkelanjutan,"ucap Baeruma. 


Lanjut Baeruma mengatakan, masalah kepemudaan juga menjadi perhatian serius daerah supaya memiliki konsep bagaimana membentuk pemuda yang berdikari, bisa berkolaborasi dan bersatu. 

Foto Adv. D Novian Baeruma, SH

"Peraturan ini sangat penting agar daerah memiliki konsep mengenai pemberdayaan kepemudaan. Kalau sekarang sudah mulai terkonsep, saya sebagai Ketua Pusat Bantuan Hukum (PBH) Perhimpunan Advokat Indonesia (Peradi) Manado (Sulut), Ketua YCMI, : yang juga bagian dari PBB yakin dalam menghadapi persaingan global peran pemuda sudah siap, peran pemuda sangat besar dalam kekuatan moral, kontrol sosial, dan agen perubahan,"kata  Dens sapaan akrab Baeruma, yang juga sebagai Ketua POS Bantuan Hukum (Posbakum) Pengadilan Negeri Bitung.


Dirinyapun meminta agar pemerintah segerah membuat Perda Kepemudaan, dan harus secepatnya di sahkan.


"Berdayakan pemuda, segera sahkan Perda Kepemudaan. Perda ini sebetulnya terbilang terlambat, karena undang-undangnya sudah diberlakukan sejak tahun 2009. Dengan UU Republik Indonesia Nomor 40 tahun 2009 tentang Kepemudaan. Harusnya setahun atau dua tahun setelahnya, di-breakdown kebijakannya menjadi perda. Bahkan bisa diimplementasikan ke dalam rencana pembangunan jangka panjang daerah (RPJPD), rencana pembangunan jangka menengah daerah (RPJMD), hingga rencana kerja pembangunan daerah (RKPD) maupun dalam anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD). Dengan segera direalisasikan Perda ini,  pembangunan dan pemberdayaan pemuda di Kota Bitung memiliki payung hukum yang jelas termasuk dalam penganggarannya,"tegas Dens


Dengan adanya perda kepemudaan akan memiliki rencana strategis (Renstra) atau model membangun pemuda Kota Bitung baik dalam tataran konsep, penyadaran, pemberdayaan dan pembangunan kepemudaan. Praktiknya memaksimalkan pemuda, minimal bisa survive dan produktif untuk dirinya sendiri. Hal itu yang menurut Dens juga harus menjadi bahan pertimbangan pemerintahan yang ada.


"Perlu dipahami, kelemahan pemuda jika tidak diperhatikan serius, bisa mengarah ke hal-hal negatif, mulai dari terjerat narkoba, kenakalan, hingga pernikahan dini. Karena itulah, perlu memberdayakan pemuda dengan memberikan pelatihan, pengembangan kewirausaahan, kepemudaan, sosialisasi wawasan kebangsaan dan bela negara,"terang Dens.


Dens juga berharap,"Melalui perda kepemudaan ini, pemerintah diamanatkan untuk membangun pemuda yang beriman kepada Tuhan YME, berakhlak mulia, sehat, cerdas, kreatif, inovatif, mandiri, demoktratis, bertanggung jawab, berdaya saing, memiliki jiwa kepemimpinan, kewirausahaan, kepeloporan dan kebangsaan berdasarkan Pancasila dan UUD 1945.

Foto Serka (PURN). Adv. Tomy Lumuhu SH., MH., CPLC., CPCLE


Sementara Serka (PURN). Adv. Tomy Lumuhu SH., MH., CPLC., CPCLE menjelaskan juga, dengan beberapa kegiatan yang sudah dilakukan Forum Pemuda Bitung Bersatu (PBB) itu adalah bukti yang mana pemuda-pemudi bitung benar-benar siap membewa perubahan baru kedepannya untuk Kota Bitung tercinta ini.


"Melihat antusiasme gerakan Pemuda-Pemuda Bitung beberapa minggu belakangan ini dengan mereka membentuk forum PBB yang terhabung dalam beberapa OKP, Ormas-Ormas Adat dan Ormas Anti Korupsi termasuk ormas kami DPD KPK TIPIKOR Bitung juga tergabung disitu, sudah saatnya Pemerintah Kota Bitung membuat Peraturan Daerah tentang Kepemudaan, sehingga mereka Para anak-anak muda Bitung ada payung hukum sebagai wadah mereka berkumpul untuk menyalurkan bakat yang langsung di kontrol oleh pemerintah,"jelas Embo Tom sapaan akrab Tomy Lumuhu. (Zulkifli Liputo)