DPC PPWI Kota Bitung Resmi Dilantik Dan Dikukuhkan Ketua Umum Wilson Lalengke, S.Pd,  M.Sc, MA K. -->

Iklan Atas

SELAMAT DATANG DI WWW.STARINDONEWS.COM BERITA AKTUAL SESUAI FAKTA

DPC PPWI Kota Bitung Resmi Dilantik Dan Dikukuhkan Ketua Umum Wilson Lalengke, S.Pd,  M.Sc, MA K.

Thursday, November 18, 2021



Bitung, Starindonews.com - Akhirnya  Pengurus Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Persatuan Pewarta Warga Indonesia (PPWI) Kota Bitung, Provinsi Sulawesi Utara, resmi dilantik dan dikukuhkan. Seluruh rangkaian acara mengunakan progokol kesehatan ini terselenggarakan dengan baik dan lancar, Rabu (17/11/2021).


Pelantikan dan Pengukuhan DPC PPWI Kota Bitung, periode 2021- 2026 yang bertempat di Fave Hotel Jl. Sam Ratulangi dihadiri langsung oleh Ketua Umum Dewan Pengurus Nasional Wilson Lalengke, S.Pd,  M.Sc, MA K.


Dalam sambutannya Wilson Lalengke mengucapkan banyak terimasih kepada Forkopimda yang hadir.


"Saya atas nama Ketua Umum PPWI sangat berterimakasih kepada Walikota Bitung dan seluruh jajaran Forkopimda yang telah berkenan hadir, "jelas Wilson Lalengke.


Lanjut Wilson menerangkan untuk menjadi wartawan yang baik bukan hanya tau menulis, akan tetapi harus memahami juga alur terbentuknya karakter.


"Dalam menjadi wartawan atau pewarta kita bukan saja hanya tau menulis, namun harus memahami "Alur Terbentuknya Karakter" agar dapat mempengaruhi Proses Berpikir yang bisa membawa perubahan Sikap dan Perilaku yang akan menimbulkan suatu Tindakan, pada akhirnya akan memperoleh Hasil baik atapun buruk Akibat tidak memahami dengan betul  Stimulus Informasi,"terang Wilson



Wilson juga kembali menjelaskan, bahwa PPWI yang sejalan dengan kehendak luhur untuk membantu usaha-usaha pemerintah dan masyarakat Indonesia dalam meningkatkan kehidupan bangsa yang cerdas, sejahtera dan berkebudayaan tinggi, serta mengembangkan peradaban yang sesuai dengan kehendak masyarakatnya melalui program dan kegiatan ke-media-massa-an, PPWI konsisten untuk mendorong terciptanya sistim publikasi yang jujur, benar, dan beretika, dan memberi manfaat bagi masyarakat banyak. Untuk itu PPWI berupaya senantiasa menjalankan misinya, yakni:


1.   Memperjuangkan dan memasyarakatkan kebebasan dan kemerdekaan memperoleh dan memberi informasi yang benar, bebas dari kepentingan kekuatan tertentu dan bertanggung jawab;


2.   Meningkatkan kemampuan mengemukakan informasi, pendapat, aspirasi, keinginan dan buah pikiran dalam bentuk lisan maupun tulisan kepada semua anggotanya dan seluruh lapisan masyarakat;


3.   Melakukan upaya pembelaan/advokasi yang berkenaan dengan kegiatan jurnalisme warga kepada pewarta warga Indonesia dan masyarakat umum;


4.   Menegakkan Kode Etik Pewarta Warga Indonesia dan mempertahankan integritas Pewarta Warga Indonesia;


5.   Menjalin dan memajukan kerjasama dengan semua pihak (pemerintah maupun swasta, dalam dan luar negeri) serta dengan jejaring pewarta warga internasional, "jelasnya.



Sementara itu Walikota Bitung Ir. Maurits Mantiri, MM melalui Sekertaris Kota (Sekot) Dr Audy Pangemanan MS.i. dalam sambutanya mengatakan selamat dan sukses bagi para pengurus DPC PPWI yang baru dilantik.




"Pertama tama marilah kita memanjatkan puji dan syukur kehadirat Tuhan yang maha kuasa, atas nikmat kesehatan kita bisa sama-sama berada di tempat ini. Pertama yang harus saya sampaikan, saya mewakili Pemerintah Kota Bitung dalam hal ini Bapak Walikota Ir. Maurits Mantiri, MM yang sekarang berada di bali dan juga Pak Wakil Walikota Hengky Honandar, SE yang tidak sempat hadir. Yang saya sangat hormati Ketua Umum Dewan Pengurus Nasional Wilson Lalengke, S.Pd,  M.Sc, MA K. Dan Ketua DPC PPWI Kota Bitung Rusdianto Tioki dan Wakil Ketua Maulana Lamsu serta Sekertaris Oldi Tamburiang beserta seluruh anggota yang sudah dilantik banyak selamat luar biasa.


Lanjut sekot, "yang saya hormati  Polres yang diwakili Kasubag Humas AKP Hermanses Katiandagho, SE serta jajaran forkopimda yang sudah hadir. Saya  bersama beberapa rekan ada Asisten II  Perekonomian dan Pembangunan Drs. Sikamang, M.AP serta serta Kadis Kominfo Ruddy Theno ST.


Sekot mengatakan, "Kiranya melalui  pelantikan ini dapat mewujudkan tujuan utama PPWI yaitu mewujudkan komunitas warga masyarakat Indonesia husus Kota Bitung yang cakap-media, yakni yang cerdas, kreatif, dan bertanggung jawab dalam berbagi informasi melalui media massa serta mampu merespon dengan benar setiap informasi, "katanya


Lanjut Sekot menjelaskan, "demokratisasi dan perkembangan digitalisasi  di indonesia bukan saja melahirkan banyak partai atau kebebasan pers, namun selain itu juga telah memberikan stimulus pada seluruh warga masyarakat untuk bisa bersuara, bisa berbagi informasi secara lebih cepat dengan apa yang kita namakan citizen journalism, Participatory journalism, atau ada juga yang menyebutkan Open source  journalism. Seiring dengan perkembangan tersebut, dan pesatnya perkembangan digitalisasi media semua orang bisa menjadi jurnalis dengan menulis blog, memuat gambar diberbagai media sosial, dan terkadang justru memuat peristiwa yang terkadang  tidak terlacak oleh para jurnalis konfensional dalam tanda kutip.


"Karena ada banyak sisi disetiap cerita yang bisa diangkat. Dengan adanya stimulus ini akan menghasilkan konvergensi dimana media  tradisional dan citizen journalism media akan hidup bersama  dengan bentuk dan cara penyampain informasi yang berbeda . Bagaimanapun juga peran dan fungsi citizen journalism pada dasarnya sama seperti peran dan fungsi jurnalistik pada umumnya, yaitu sebagai sumber informasi, hiburan, kontrol sosial, hingga agen perubahan. Dengan adanya citizen journalism jaringan informasi dan sumber informasi akan lebih cepat akurat dan terpercaya, "jelas Sekot Dr Audy Pangemanan MS.i mewakili Walikota Bitung Ir. Maurits Mantiri, MM. (Zl)