Program Prioritas Peningkatan Ketersediaan, Akses, dan Kualitas Konsumsi Pangan -->

Iklan Atas

SELAMAT DATANG DI WWW.STARINDONEWS.COM BERITA AKTUAL SESUAI FAKTA

Program Prioritas Peningkatan Ketersediaan, Akses, dan Kualitas Konsumsi Pangan

Wednesday, August 04, 2021


Starindonews.com-
Upaya peningkatan ketersediaan pangan, merupakan amanat Peraturan Presiden Nomor 18 Tahun 2020 tentang Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional Tahun 2020-2024, khususnya di dalam Prioritas Nasional 1, yaitu “Penguatan Ketahanan Ekonomi untuk Pertumbuhan yang Berkualitas” yang selanjutnya dijabarkan dalam Program Prioritas Peningkatan Ketersediaan, Akses, dan Kualitas Konsumsi Pangan.


Program Prioritas Peningkatan Ketersediaan, Akses, dan Kualitas Pangan memiliki 5 kegiatan prioritas antara lain:  (1) Peningkatan kualitas konsumsi, keamanan, fortifikasi dan biofortifikasi pangan; (2) Peningkatan ketersediaan pangan hasil pertanian dan pangan hasil laut secara berkelanjutan untuk menjaga stabilitas pasokan dan harga kebutuhan pokok; (3) Peningkatan produktivitas, keberlanjutan sumber daya manusia pertanian dan kepastian pasar; (4) Peningkatan produktivitas, keberlanjutan sumber daya pertanian dan digitalisasi pertanian, serta (5) Peningkatan tata kelola sistem pangan nasional. 


Pertama, peningkatan kualitas konsumsi, keamanan, fortifikasi dan biofortifikasi pangan, dilakukan dengan pengembangan benih padi biofortifikasi dan produk rekayasa genetika, pengembangan pangan lokal, diversifikasi bahan pangan di tingkat masyarakat, dan penyediaan dan perbaikan kualitas pangan anak sekolah.

Kedua, peningkatan ketersediaan pangan hasil pertanian dan pangan hasil laut secara berkelanjutan untuk menjaga stabilitas pasokan dan harga kebutuhan pokok, dilakukan dengan fasilitasi budidaya padi, jagung, ternak dan komoditas pangan strategis, penyediaan input produksi, dan sistem perbenihan nasional.


Ketiga, peningkatan produktivitas, keberlanjutan sumber daya manusia pertanian dan kepastian pasar, dilakukan dengan penguatan basis data petani, pembentukan korporasi petani, asuransi pertanian, pembiayaan inklusif, serta pelatihan dan penyuluhan.


Keempat, peningkatan produktivitas, keberlanjutan sumber daya pertanian dan digitalisasi pertanian, dilakukan dengan pengelolaan lahan, efisiensi air, jalan produksi dan jalan usaha tani, serta pertanian digital dan penggunaan teknologi pesawat nirawak.


Kelima, peningkatan tata kelola sistem pangan nasional, dilakukan dengan penguatan sistem logistik pangan, pengembangan resi gudang, pengelolaan sistem pangan berkelanjutan, pengelolaan sistem pangan perkotaan, pengelolaan limbah pangan. 


Selasa, 3 Agustus 2021

*Tim Komunikasi Publik*

Kementerian PPN/Bappenas

Https://linktr.ee/suharsomonoarfa

Follow:

Instagram Menteri PPN: @suharsomonoarfa

Twitter Menteri PPN: @Suharso_M

Fanpage Menteri PPN: Suharso Monoarfa