Menteri Suharso Paparkan Fokus Perbaikan DAK Tahun 2022 -->

Iklan Atas

SELAMAT DATANG DI WWW.STARINDONEWS.COM BERITA AKTUAL SESUAI FAKTA

Menteri Suharso Paparkan Fokus Perbaikan DAK Tahun 2022

Purnama Media Grub
Tuesday, August 31, 2021


 

StarindoNews.Com, Jakarta - Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional menghadiri Rapat Kerja virtual bersama Komite IV DPD RI, Selasa (31/8/2021).


Dalam Rapat tersebut, Menteri menjelaskan fokus perbaikan DAK tahun 2022 yang diarahkan pada 3 hal, antara lain penerapan konsep THIS, lokasi prioritas, dan penajaman kegiatan.


Pertama, penerapan konsep THIS, tercermin dalam desain tematik DAK penugasan berbasis Major Projects. Konsep ini bertujuan memperbesar dampak DAK Fisik Penugasan dalam mendukung tematik tertentu secara holistik dan terintegrasi dengan basis spasial. Seluruh bidang yang berada dalam tematik tertentu ditujukan untuk mencapai outcome tematik yang sudah ditentukan.



Kedua, pemilihan daerah lokasi prioritas DAK Fisik Penugasan dengan lebih selektif. Lokasi prioritas difokuskan kepada daerah-daerah yang mendukung tematik DAK Fisik Penugasan.


Ketiga, penajaman kegiatan DTK sehingga berorientasi hasil yang berdampak langsung pada pembangunan daerah dan mencapai target nasional. Perbaikan ini ditandai dengan redesain menu kegiatan pada DAK Fisik dengan menghindari menu yang bersifat rutin dan tidak bernilai signifikan.


Selain menyampaikan 3 hal tadi, Menteri juga menjelaskan kebijakan DTK tahun 2022 yang terdiri dari DAK Fisik Reguler, DAK Fisik Penugasan dan DAK Non-Fisik.


Menteri menjelaskan, DAK Fisik Reguler diarahkan untuk pemenuhan pelayanan dasar dalam penyiapan SDM berdaya saing.


Selanjutnya, Menteri menyebut DAK Fisik Penugaskan diarahkan untuk penguatan Destinasi Pariwisata Prioritas (DPP) dan sentra industri kecil dan menengah, pengembangan food estate dan penguatan kawasan sentra produksi pertanian, perikanan, dan hewani, serta peningkatan konektivitas kawasan untuk pembangunan inklusif di wilayah Nusa Tenggara, Maluku, dan Papua.


Terakhir, DAK Non Fisik diarahkan untuk mendukung pemenuhan pelayanan publik dan mendukung prioritas nasional. ( Ari )