Hak Jawab SYAMSU RIZAL, SE., M.SI -->

Iklan Atas



 



 

SELAMAT DATANG DI WWW.STARINDONEWS.COM BERITA AKTUAL SESUAI FAKTA

Hak Jawab SYAMSU RIZAL, SE., M.SI

Purnama Media Grub
Thursday, June 17, 2021

 


Dengah Hormat,


Sehubungan dengan pemberitaan saudara melalui media siber


www.starindonews. com dengan tajuk “HEBOH NYA DI PUBLIK. SIMPANG SIUR PERKARA TENTANG SAMSUL RIZAL WAKIL KETUA DPRD KABUPATEN TEBO PRAKSI DEMOKRAT” diunggah pada 7 Juni 2021. Berkaca dari hasil penilaian kami, maka berita yang saudara terbitkan melanggar Pasal 1 dan 3 Kode Etik Jurnalistik, karena tidak akurat, tidak uji informasi, tidak ada konfirmasi / klarifikasi, tidak berimbang, dan memuat opini yang menghakimi.


Berita juga tidak sesuai dengan butir 2 tentang verifikasi dan keberimbangan berita, butir a bahwa setiap berita harus melalui verifikasi, butir b bahwa berita yang merugikan pihak lain memerlukan verifikasi pada berita yang sama untuk memenuhi prinsip akurasi dan keberimbangan sesuai dengan Peraturan Dewan Pers Nomor l/Peraturan-DP/III/2012 tentang Pedoman Pemberitaan Media Siber bersama ini saya menyampaikan HAK JAWAB sesuai dengan Peraturan Dewan Pers Nomor 9/Peraturan-DP/X/2008 tentang Pedoman Hak Jawab, bahwa apa yang saudara sampaikan dan diterbitkan itu TIDAK BENAR DAN MENGHAKIMI, berikut narasinya :


HEBOH NYA DI PUBLIK. SIMPANG SIUR PERKARA TENTANG SAMSUL RIZAL WAKIL KETUA DPRD KABUPATEN TEBO PRAKSI DEMOKRAT


Faktanya : Bahwasanya saya dinyatakan Vonis Bebas dalam dugaan perkara sebagaimana tuntutan JPU Kejari Tebo oleh Majelis Hakim Pengadilan Negeri Tebo. Sementara itu sebagaimana diberitakan dalam mediajambi.tribunnews.com menyatakan bahwa Syamsu Rizal dianggap tidak terbukti bersalah melakukan tindak pidana perusakan hutan, baik sebagai pelaku maupun orang yang menganjurkan. (Link : https: / / jambi.tribunnews.com/2Q21 /05 /28 / ini-dua-dakwaan-jaksa-yang-tidak-terbukti-dan-berujung-vonis-bebas-terhadap-wakil-ketua-dprd-tebo). Disamping itu, berbagai media lokal, hingga nasional juga telah memberitakan bahwasanya saya divonis bebas dan/atau Putusan bebas dari tuduhan (vrijspraak) jadi tidak ada simpang siur disini dan judul berita terkesan provokatif dan mendiskriminasi sepihak.








Narasi memuat opini yang menghakimi dan tidak ada uji verifikasi terhadap narasumber langsung. Berikut narasinya :


Sebelum nya media online pernah memberitakan Samsul Rizal Wakil ketua DPRD kabupaten Tebo dari praksi Partai Demokrat Terbukti Bersalah Sehingga awak media Mendatangi Kejari Tebo Guna untuk memperjelas informasi.


untuk menemui kepala Kejari Tebo, namun tidak bisa di temui, Sehinga kita jumpa dengan perwakilan Kasi Intel Ari Candra paratama SH. Suyono Begini cerita nya Bahwa kejaksaan Tebo tidak bisa menjelaskan Kama tidak wewenang dia lagi, itu sudah wewenang pengadilan, kalau media pengen jelas konfirmasi ke pengadilan, Kama Ketua Sudah (kasasi) imbuh nya, Sehingga kami media Mendatangi Pengadilan Negeri Tebo, Jumpa SANDRO CHRISTIAN SIMANJUNTAK,S.H JABATAN HAKIM PENGADILAN NEGERI TEBO Yang Menyandang Sebagai Humas.


Menjelaskan. Kalau Mau ketemu ketua Hakim Hams melalui surat Permohonan, Kama saya tidak Berani Langsung Mengatakan nya imbuh, Kalau Mau Lebih Jelas Langsung Tanya ketua Hakim, Bahwa Samsul Rizal di ponis tidak Bersalah tidak Bisa di Buktikan dalam Persidangan? Dengan Penjelasan Humas kami media Masih Bertanya - tanya, Sehinga Kami media akan Mendatangi Ketua Hakim di lain waktu, untuk mencari informasi yang Palid (Samsul bahri)


# HEADLINE# NUSANTARA# PEMERINTAHAN


Faktanya : Proses persidangan telah selesai bahkan sejak hari Jum,at 28/05/2021. Isi pemberitaan jelas menghakimi dimana di kalimat terakhir Bahwa Samsul Rizal di ponis tidak Bersalah tidak Bisa di Buktikan dalam Persidangan? Dengan Penjelasan Humas kami media Masih Bertanya-tanya, Sehinga Kami media akan Mendatangi Ketua Hakim di lain waktu, untuk mencari informasi yang Palid (Samsul bahri). Kami menduga tidak adanya uji informasi mengenai Vonis Bebas saya sebelumnya sehingga perkara telah selesai namun masih berusaha mencari penjelasan. Padahal keputusan Majlis Hakim sudah inkrah yakni Vonis Bebas dan tidak terbukti atas


tuntutan JPU. Semua fakta telah terungkap selama 11 (sebelas) persidangan yang saya jalani. Sementara itu, dalam isi artikel pemberitaan juga tidak ada sama sekali mengkonfirmasi saya.


Saya meminta terhadap media Starindonews.com agar memuat isi dari hak jawab 1 x 24 Jam, ditautkan dengan berita sebelumnya, dan keseluruhan penjelasan yang saya susun ini tanpa ada proses editing terutama penambahan kalimat yang tidak saya tulis dengan judul sesuai dengan pedoman Dewan Pers.


Demikian surat ini disampaikan atas perhatiannya diucapkan terima kasih.



     Hormat saya



 

SYAMSU RIZAL, SE., M.SI


Kami dari redaksi Starindonews.com mengucapkan permintaan maaf atas kesalah pahaman pemberitaan tersebut