BKSAP DPR RI Mendorong Terciptanya Kerja Sama Lebih Strategis Antara Pemerintah Daerah Di Indonesia -->

Iklan Atas



 



 

SELAMAT DATANG DI WWW.STARINDONEWS.COM BERITA AKTUAL SESUAI FAKTA

BKSAP DPR RI Mendorong Terciptanya Kerja Sama Lebih Strategis Antara Pemerintah Daerah Di Indonesia

Sunday, April 04, 2021


Starindonews.com, Denpasar - 
Badan Kerja Sama Antar Parlemen (BKSAP) DPR RI yang dipimpin Wakil Ketua BKSAP DPR RI Putu Supadma Rudana bersama Wakil Ketua BKSAP DPR RI Mardani Ali Sera dan Anggota BKSAP DPR RI I Made Urip, Dyah Roro Esti dan Linda Megawati menggelar pertemuan dengan Gubernur Provinsi Bali beserta jajaran di Wisma Saba, Denpasar, Kamis, 1 April 2021.


Dalam kesempatan tersebut, Wakil Ketua BKSAP DPR RI BKSAP DPR RI Putu Supadma Rudana menyampaikan agenda diplomasi parlemen ke depan akan dioptimalkan untuk mendukung upaya pemulihan ekonomi paska pandemi, khususnya di sektor pariwisata sebagai salah satu agenda prioritas nasional.


Terkait hal ini, BKSAP DPR RI berkomitmen untuk menjembatani komunikasi antara pemerintah daerah dengan pihak - pihak berkepentingan di negara-negara sahabat guna mempromosikan potensi pariwisata daerah, produk - produk UMKM, serta kebudayaan dan kearifan lokal guna mendukung pemulihan ekonomi.


Sejalan dengan itu, BKSAP DPR RI mendorong terciptanya kerja sama lebih strategis antara pemerintah daerah di Indonesia dengan pemerintah daerah di negara sahabat. Salah satunya dengan pemerintah Maroko melalui program Sister Province, antara Provinsi Bali dengan Provinsi Safi, letak kota Marakesh.


Menurut Putu Supadma Rudana, Marakesh maupun Bali memiliki kesamaan dan potensi pariwisata yang sangat besar dan selalu menarik minat wisatawan asing. Oleh karena itu, kerjasama di bidang pariwisata diantara kedua negara perlu ditingkatkan sehingga menciptakan hubungan yang saling menguntungkan. 


Nantinya, konsep pengembangan pariwisata ini dapat mengedepankan tema - tema pariwisata yang memang selama ini sudah menjadi identitas pariwisata kedua provinsi, antara lain Cultural Tourism, Spiritual Tourism dan Heritage Tourism.


Selain itu, baik Bali maupun Safi, keduanya memiliki potensi untuk bisa dikembangkan menjadi tourism hub. Dimana Bali dapat menjadi Hub for Asian Tourism sedangkan Safi dapat menjadi Hub for European Tourism.


Diharapkan, kerja sama Sister Province tersebut dapat memberikan kontribusi signifikan terhadap pemulihan ekonomi nasional, termasuk bagi pelaku UMKM untuk membangkitkan kembali sektor pariwisata dari dampak pandemi Covid - 19.

*Humas dpr*