Walakuty: Sudah 5 Tahun Kucuran DD Milyaran Rupiah, Tapi Perubahan Tak Ada Sama Sekali -->

Iklan Atas

SELAMAT DATANG DI WWW.STARINDONEWS.COM BERITA AKTUAL SESUAI FAKTA

Walakuty: Sudah 5 Tahun Kucuran DD Milyaran Rupiah, Tapi Perubahan Tak Ada Sama Sekali

Redaksi
Saturday, January 30, 2021


Starindonews.com | Masohi - Semua masyarakat sangat mengharapkan dengan Hadirnya Dana Desa yang terus dikucurkan Pemerintah Pusat kepada semua Desa yang Ada di Seluruh Indonesia, begitu juga 13 Negeri yang ada di Seram Utara Barat, Kabupaten Maluku Tengah. Yang mana Sudah Hampir Puluhan Miliyaran Habis terpakai untuk Pembangunan Desa, mulai dari Pembangunan Infrastruktur Penunjang Hingga Bantuan-Bantuan dalam mengembangkan Ekonomi Masyarakat Desa.


Namun Faktanya banyak Masyarakat Seram Utara Barat yang mengeluh dengan Cara pengelolaan Dana Desa oleh Staf Pemerintah Desa di setiap Desa-Desa, yang Mana ada RAB yang Fiktif maupun Realisasi yang terkesan Dimanipulasi.


Kekesalan ini dikemukakan Tokoh Muda Seram Utara Barat Dewy Walakuti. Baginya  ada banyak indikasi penyelewengan yang dilakukan oleh Elite-Elite Di masing-masing Desa yang Ada di Seram Utara Barat dengan Cara Menyembunyikan RAB dari Masyarakat, " salah satu Cara Kades atau elite desa melakukan Tindak Pidana Korupsi adalah dengan meerahasiakan rincian Rancangan Anggaran Belanja Desa" kata Walakuty.


Bagi Walakuty Cara pengolaan DD itu semestinya diketahui oleh Masyarakat " Karena Sejujurnya Untuk RAB Desa semestinya bukan cuman dipajang saja namun setiap Mata program yang termuat dalam Hasil Musrembang itu Harus diketahui oleh Masyarakat" Tambah Walakuty 


Dari 13 Desa yang ada di Seram Utara Barat sudah 3 Negeri yang kasus Tindakan Korupsi sudah di eksekusi ditingkat Pengadilan Yakni Negeri Karlutu, Desa Labuan dan Desa Gale-Gale, Sehingga Menjadi bukti bahwa penyalahgunaan DD sebenarnya masih Berpeluang dilakukan di Desa-Desa Lain yang ada di 10 Desa lainy di kecamatan Seram Utara Barat agar Kedepannya Semua Staf Pemerintah Desa dapat transparan dalam pengelolaan Dana Desa untuk Pembangunan dan peningkatan Ekonomi Masyarakat demi mewujudkannya Indonesia yang Maju dan Berkeadilan.


Harapan Dewy agar Kedepannya bagi pihak-pihak yang dalam hal ini Kepolisan, Kejaksaan bahkan Masyarakat untuk serius dalam mengawasi penggunaan DD di tingkat Desa " Saya minta Kejaksaaan kepolisian agar serius dalam mengawasi Masyarakat apalagi kalau sudah ada pelaporan dari Masyarakat tentang indikasi Korupsi maka sesegera mungkin untuk lakukan tindakan penyelidikan" Harap Dewy Walakuty yang merupakan tokoh muda asal Negeri Warasiwa ( salah satu Negeri di Seram Utara Barat ). 


Andre Patalatu