Pakai Dana BUMDES Kepala Desa Pagar Puding Di Soroti Masyarakat -->

Iklan Atas

SELAMAT DATANG DI WWW.STARINDONEWS.COM BERITA AKTUAL SESUAI FAKTA

Pakai Dana BUMDES Kepala Desa Pagar Puding Di Soroti Masyarakat

Purnama Media Grub
Friday, January 08, 2021

Gambar Ilustrasi 

Starindonews.com | Tebo - Pengolahan dana badan usaha milik desa (BUMDES) seharusnya lahir dari kehendak masyarakat desa yang di putuskan melalui musyawarah desa (musdes) yang melahirkan berbagai keputusan utama dalam BUMDES mulai dari nama lembaga pemilihan pengurus hingga jenis usaha yang bakal dijalankan di desa tersebut, namun didesa pagar puding, kecamatan tebo ulu kabupaten tebo propinsi jambi.


Justru dana BUMDES dipakai oleh kepala desanya, salah satu informasi dari bendahara BUMDES, kepada awak media mengatakan sebagai kekuatan untuk mendorong terciptanya peningkatan kesejahteraan masyarakat desa pagar puding, dengan cara menciptakan produktivitas ekonomi bagi desa, dengan dasar pada ragam potensi yang dimiliki desa, seharusnya dana BUMDES tersebut sudah terkelola dari tahun 2017, kemarin kami sebagai pengelola.


yang dipilih berharap dana itu sudah di kelola jika pemerintah Desa (pemdes) melalui ketua BUMDES bahwa dana tersebut yang di pinjam oleh kades sudah dikembalikan,kami sebagai pengelola sama sekali tidak tahu jejak keuangan BUMDES itu larinya.


Kemana apalagi sampai saat ini belum ada kabarnya, terkait nota pinjaman sangat besar, oleh kepala desa, katanya dengan nada kesal, disaat awak media menjumpai kepala desa pagar puding, Azwan mengatakan bahwa dana BUMDES yang saya pinjam itu, senilai 25jt, untuk menghadiri kegiatan MTQ, di tujuh koto berdasarkan kwitansi yang saya pinjam dari bendahara BUMDES itu benar belum saya kembalikan sama bendahara BUMDES ujarnya.


Kepala desa pagar puding,di waktu awak media menjumpai bendahara BUMDES mengatakan bahwa kepala desa pagar puding pinjam dana BUMDES 85jt, bersama saya, pertama kepala desa pinjam 10jt, kedua kepala desa pinjam lagi 25jt dengan alasan.


Untuk acara MTQ, kemudian kepala desa pinjam lagi 50jt, diketahui oleh ketua BUMDES bendahar desa juga tahu, kwitansi yang di tandatangani oleh kepala desa 25jt, yang 50jt tidak ditandatangani kepala desa selalu cari alasan agar tidak ditandatangani sampai saat ini kwitansi nya masih sama kepala desa diwaktu saya minta menandatangani kwitansi kepala desa bilang di ingin diskusikan.


Bersama pendamping desa dulu ujar kepala desa, Azwan.saya datangi kerumah kepala desa dia alihkan bembicaran agar istrinya tidak tahu, uang 50jt yang diambil tidak di ketahui oleh istri nya. sampai saat ini pinjaman uang BUMDES 50jt, kepala desa pagar puding tidak mau menandatangani kwitansi,tapi pemberian uang itu saya ada saksi,ada ketua BUMDES, bendahara Desa.


Juga kicuk sebagai sekretaris BUMDES, bahwa dana BUMDES yang di pinjam oleh kades azwan sampai saat ini juga  belum dikembalikan ucapnyan bendahara BUMDES (Samsul)