Yosis S Lilihata, Tokoh Muda Seram Utara Pemerhati Pendidikan yang Mendirikan Sekolah Adat PATANATA -->

Iklan Atas




SELAMAT DATANG DI WWW.STARINDONEWS.COM BERITA AKTUAL SESUAI FAKTA

Yosis S Lilihata, Tokoh Muda Seram Utara Pemerhati Pendidikan yang Mendirikan Sekolah Adat PATANATA

Redaksi
Wednesday, December 30, 2020


Starindonews.com | Maluku Utara - Perkembangan Sumber Daya Manusia Dalam menghadapi tantangan Global menjadi hal terpenting, apalagi pada daerah Yang sangat Jauh dari Pusat-Pusat Pemerintahan, Sehinga prioritas dari semua pihak adalah menjadi tanggung jawab dari Pemerintah maupun para pemerhati dunia Pendidikan.


Seperti yang perlu dicontohi oleh semua Generasi Muda dalam membantu memberikan kemudahan bagi Para Anak-Anak bangsa yang berada di Negeri Manusela Kecamatan Seram Utara Kabupaten Maluku Tengah  yang berhak mendapat pendidikan Seperti hal anak-anak pada wilayah perkotaan, agar kesetaraan dalam membangun SDM Generasi bangsa ini. Dan Tokoh Muda yang merasa terpanggil untuk melihat persoalan Pendidikan anak-anak bangsa yang ada di Negeri Manusela adalah Yosis S. Lilihata, S.Pd, dengan Mendirikan Sekolah Adat Patanata Manusela.



"Sekolah adat ini bertujuan untuk menjaga serta melestarikan Adat Budaya kita antara lain Adalah Bahasa, Anyaman tradisional, Permainan trdisional, musik tradisional, Nyanyian trdisional serta tuturan sejarah dari generasi ke generasi", Jelas Yosis Lilihata.


Bagi dia sekolah ini didirikan demi menjaga Anak-anak kita dari pengharu perkembangan Zaman. " apalagi banyak Anak Negeri Manusela yang sekarang banyak yang terkonek dengan Perkembangan IPTEK, maka adanya sekolah Adat Patanata manusela ini untuk tetap menjaga Adat budaya" Tambah Alumnus Politeknik Negeri Ambon ini.


Apalagi Adat budaya merupakan Roh serta kekuatan Dalam mempertahankan Moral dan Etika sebagai bagian dari bangsa yang menghargai perbedaan, apalagi Indonesia adalah Negara Multi kultur sehingga kekuatan Indonesia adalah saat adat Budaya masih tetap terjaga, sehingga harapan dari Pria kelahiran Manusela 11 January 1986 adalah IPTEK mampu mengkampanyekan Pelestarian adat Budaya.


Dan untuk diketahui Negeri Manusela adalah salah satu Negeri Adat yang terletak di Pegunungan Seram utara dan untuk menjangkau Negeri ini memerlukan perjalanan 2-3 Hari dari Pusat Kecamatan Seram Utara, sehingga Sampai saat Ini punya adat Budaya yang masih Terjaga. (Red)