Romo Titus: Yang Ingin Beribadat Melampirkan Surat Rapid Test -->

Iklan Atas

SELAMAT DATANG DI WWW.STARINDONEWS.COM BERITA AKTUAL SESUAI FAKTA

Romo Titus: Yang Ingin Beribadat Melampirkan Surat Rapid Test

Redaksi
Friday, December 25, 2020


Starindonews.com | PAGARALAM - Umat Gereja Katolik Fransiskus Xaverius Kota Pagaralam, Sumatera Selatan mengadakan Perayaan misa malam Natal secara tatap muka yang dimulai pukul 17.00 WIB, dan sekaligus ibadat tersebut dilakukan secara Protokol Kesehatan mulai dari Menjaga Jarak, Memakai Masker, dan Mencuci tangan. Mengingat saat ini Pandemi Covid-19 belum berakhir.


Ketua Panitia Natal Gereja Katolik Fransiskus Xaverius Andre Verianto mengatakan, bahwa tahun sebelumnya perayaan misa malam Natal ini dilakukan pukul 19.00 WIB, mengingat tidak adanya perbantuan Romo.



"Karena jarak tempuh Gereja Katolik di Pagaralam dan Tanjung Sakti sendiri cukup jauh dan hanya ada satu Romo, makanya pelaksanaan ini kami majukan pukul 17.WIB," ucapnya.


Lanjut Andre, perayaan misa malam Natal tahun ini sangat berbeda yang biasa setiap tahunnya sehabis perayaan dilakukan tradisi berjabat tangan antar umat dan di tahun ini tidak melakukan hal tersebut mengingat Pandemi Covid-19 dan himbauan dari Pemkot.


"Biasanya di tahun sebelumnya ada makan bersama dalam pesta Natal tetapi di tahun ini tidak bisa merasakan hal itu, apalagi umat yang beribadah di tahun dibatasi 50% dari kapasitas Gedung," kata dia.


Sementara Romo Titus Purbasaputra SCJ mengatakan, bahwa perayaan Natal tahun ini sangat berbeda di tahun sebelumnya, dikarenakan di tahun sebelumnya umat yang begitu banyak serta terasa sangat gembira, dan saat ini sungguh sikap prihatin dan pasrah.


"Kami tidak membawa umat kepada sikap pesimis, tetapi kami yakin bahwa pandemi berkat doa-doa kita akan bisa diatasi, itulah Natal yang luar biasa, kami memaknai Natal ini sungguh berkesan bagi kami," kata dia.


Romo menambahkan, perayaan Natal tahun ini dilakukan secara protokol kesehatan bahkan semua umat yang datang dari luar Daerah harus membawa hasil Rapid Test. (AAY)