Hak Jawab Ketua DPRD Pagaralam Prov. Sumsel Dalam Sengketa Pemberitaan Yang Di Selesaikan Dengan Mediasi DI Dewan Pers -->

Iklan Atas


SELAMAT DATANG DI WWW.STARINDONEWS.COM BERITA AKTUAL SESUAI FAKTA

Hak Jawab Ketua DPRD Pagaralam Prov. Sumsel Dalam Sengketa Pemberitaan Yang Di Selesaikan Dengan Mediasi DI Dewan Pers

Purnama Media Grub
Monday, December 07, 2020


Sehubungan dengan mediasi yang dilakukan di Dewan Pers tertanggal Jakarta, 4 Desember 2020, dengan ini kami sampaikan Hak Jawab Jenni shandiyah SE.,MH

Sebagimana diamanatkan pada Risalah Penyelesaian Pengaduan Jenni shandiyah SE.,MH Terhadap Media Siber Starindonews.com.


Hak Jawab ini kami sampaikan terhadap berita yang dirilis oleh Starindonews.com terkait dua berita berjudul "Wartawan Laporkan Ketua DPRD Pagaralam Atas Dugaan Tudingan Pers Pelat Merah" (diunggah Kamis, 15 Oktober 2020, pukul 4.06 PM) dan "Penyidik Polres Pagaralam Periksa Dua Wartawan Saksi Terkait Laporkan Pers Plat Merah" (diunggah Rabu, 21 Oktoner 2020, pukul 2.17 AM).


Dan Hak Jawab dari Saudari Jenni shandiyah SE.,MH sebagai berikut:

Berita yang dilaporkan

1.     1Penyidik Polres Pagar Alam Periksa dua saksi terkait laporan pers plat merah



Hak jawab :

 

Dalam pemberitaan tersebut wartawan yang bersangkutan tidak pernah meminta konfirmasi kepada kami, sehingga dalam pemberitaan tersebut sangat merugikan, dan berakibat penggiringan opini yang masif, seolah - olah pihak kami menyudutkan “Pers” . fakta nya “pers” merupakan mitra kerja pemerintah.

 

Kami tegaskan lagi bahwa  Pers “plat merah” adalah bagian humas kominfo, dimana postingan saya tersebut berada didalam satu kalimat dalam tanda kurung yg tidak bisa dipisahkan dengan rangkaian kata lainnya sehingga tidak menimbulkan multi tafsir yg berlebih atau keluar dari pernyataan, saya selaku pemakai istilah dalam tanda kutip tsb. Pers “plat merah” menurut saya adalah Humas yang juga menjadi lembaga penyiaran informasi terkait kegiatan Pemerintah baik itu Eksekutif maupun Legislatif  yang menurut undang - undang pemerintahan daerah keduanya adalah penyelenggara pemerintahan Daerah.

 

1.    Berita kedua Yang di laporkan Berjudul :

       2."Wartawan Laporkan Ketua DPRD Pagaralam Atas Dugaan Tudingan Pers Pelat Merah"

     


     Polres Pagar alam kembali memeriksa pelapor untuk berita acara tambahan pasal cuitan di FB “pers plat merah”

 

“dengan kesimpulan sepakat untuk sama - sama melaporkan persoalan ini ke Polres Pagar alam, karna merasa kami insan pers sudah dilecehkan dan pencemaran nama baik, kami insan pers seolah - olah kami tidak independen lagi, mengakibatkan timbulnya saling curigai sesama insan pers, siapakah “pers plat merah” tersebut di duga ( pers yang di istimewakan oleh pemerintah )”


Hak  jawab :

 

Narasi tentang “pers plat merah” yang dipandang secara subyektif oleh rekan-rekan pewarta tersebut, jelas merugikan kami, karna faktanya kami tidak pernah mengatakan hal yang demikian, kemudian menjadi penggiran opini yang merugikan pihak kami dan kami tidak pernah di mintai klarifikasi terhadap pemberitaan tersebut.

 

Sesuai Risalah yang dikeluarkan oleh Dewan Pers tertanggal 4 Desember 2020 atas sengketa pemberitaan yang di selesaikan di mediasikan oleh Dewan Pers tertanggal 2 Desember 2020 dan berakhir “Damai” antara saudari Jenni shandiyah SE.,MH dan media siber Starindonews.com, mengacu pada Peraturan Dewan Pers Nomor 1/Peraturan-DP/III/2012 tentang Pedoman Pemberitaan Media Siber yang menyatakan “Ralat, koreksi dan atau hak jawab wajib ditautkan pada berita yang diralat, dikoreksi atau yang diberi hak jawab” dan UU Pers N0.40 Th.1999 pasal 5 ayat 2 dan 3.


Dan kami dari redaksi Starindonews.com mengucapkan permintaan maaf atas kesalah pahaman  pemberitaan tersebut yang menjadi sengketa pemberitaan yang sudah di selesaikan di Dewan Pers kepada saudari Jenni shandiyah SE.,MH yang sudah memberikan Hak Jawabnya, sesuai anjuran dari Dewan Pers dengan di keluarkannya surat Risalah Penyelesaian Nomor: 95/Risalah-DP/XII/2020.

 

Tertanda Pimpinan Redaksi / Penanggung Jawab Media Siber Starindonews.com