Gam Sumut & BPM - SU Laporkan Plt. Kadis PU Palas Terkait Dugaan Tindak Pidana Korupsi (DAU) Tahun 2019 - 2020 -->

Iklan Atas



 



 

SELAMAT DATANG DI WWW.STARINDONEWS.COM BERITA AKTUAL SESUAI FAKTA

Gam Sumut & BPM - SU Laporkan Plt. Kadis PU Palas Terkait Dugaan Tindak Pidana Korupsi (DAU) Tahun 2019 - 2020

Purnama Media Grub
Friday, December 04, 2020

Sumanggar Siagian (Kasipenkum Kejati Sumut) saat menerima laporan dari Gam Sumut dan PB BPM Sumut. Dok. Starindonews.com

Starindonews.com | Padang Lawas - Gerakan Aktivis Mahasiswa Sumatera Utara (Gam-Sumut) Dan Barisan Pemuda Dan Mahasiswa Sumatera Utara (BPM-SU) datangi Kantor Kejaksaan Tinggi Sumatera Utara dan melaporkan Plt. Kepala Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Padang Lawas, Terkait Dugaan Tindak Pidana Korupsi Dana Alokasi Umum (DAU) Tahun 2019-2020.


Jumat,04/12/2020 Partahan Siregar (Pelapor I) mengatakan Bapak Plt. Kepala Kejaksaan Tinggi Sumatera Utara agar memanggil dan memeriksa Plt.Kepala Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Padang Lawas beserta Direktur CV.RAIHAN MAJU BERSAMA terkait dugaan Tindak Pidana Korupsi Anggaran Pembangunan Jalan Desa Gonting Julu-Gunung Baringin Kecamatan Huristak, senilai Rp.1.492.291.969. yang bersumber dari Dana Alokasi Umum (DAU)


Berdasarkan hasil investigasi kami dilapangan bahwa Pembangunan Jalan Desa Gonting Julu-Gunung Baringin Kecamatan Huristak Kabupaten Padang Lawas, dengan nomor kontrak : 620/07/WIL II BM/SPKKHS/IX/2019 diduga asal jadi dan banyak sekali pengurangan bahan material fisik serta volume Jalan tersebut diduga tidak sesuai dengan yang ditenderkan, sehingga berpotensi merugikan Keuangan Negara.


Ucap Partahanan A.M Hasibuan (Pelapor III) juga mengatakan Bapak Plt. Kepala Kejaksaan Tinggi Sumatera Utara agar memanggil dan memeriksa Kepala Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Padang Lawas serta Direktur CV. BANGUN PALAS terkait dugaan Tindak Pidana Korupsi Pembangunan Saluran Irigasi Desa Tobing Julu Kecamatan Huristak Kabupaten Padang Lawas senilai Rp. 447.902.000, dan bersumber dari Dana Alokasi Umum.


Sesuai dengan temuan kami PB BPM-SU&Gam Sumut dilapangan Pembangunan Saluran Irigasi tersebut diduga syarat KKN, sebab pengerjaannya yakni dengan memoles saluran irigasi yang lama (Foto Terlampir) serta adanya dugaan kami pengurangan bahan material fisik, berupa pasir urung,semen dan batu mangga ukuran 10/12 (Foto Terlampir) dan kuat dugaan kami volume Pembangunan Saluran Irigasi tersebut tidak sesuai dengan yang tertuang dalam kontrak.


Pungkas A. M. Hasibuan. R. Marzuki (Pelapor II) mengatakan Plt. Kepala Kejaksaan Tinggi Sumatera Utara agar melakukan penyelidikan dan penyidakan terhadap Plt.Kepala Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Padang Lawas beserta Direktur CV. SULTAN MULIA JAYA terkait Pembangunan Jembatan Rambin Sungai Barumun Desa Gunung Matinggi Kecamatan Huristak Kabupaten Padang Lawas Tahun 2019 senilai Rp. 1.475.400.000.00, kuat dugaan kami terindikasi Syarat KKN, sebab mulai dari pengerjaan tahun 2019 hingga sekarang diduga tidak layak pakai (Belum Selesai Pekerjaannya).


Sudah bukan rahasia umum lagi (Lanjut R. Marzuki) dalam logika kita semua sejak Pengadaan hingga Pekerjaan seluruh Proyek fisik yang ada di Kabupaten Padang Lawas yang di duga kuat syarat KKN.


Dalam hal tersebut kami dari Pengurus Besar Barisan Pemuda Dan Mahasiswa Sumatera Utara (PB BPM-SU) serta Gerakan Aktivis Mahasiswa Sumatera Utara (Gam Sumut) butuh sosok Penegak hukum yang mampu dalam mengusutnya tanpa di Intervensi dari Pihak Manapun baik dari kalangan Elit Politik ,Kepala Daerah dan Legislatif serta pemikir terhadap Kabupaten Padang Lawas dan seandainya adalah niat dari aparat Penegak hukum di Sumatera Utara Baik  Kepolisan Daerah Sumatera Utara  serta Kejaksaan Tinggi Sumatera Utara sangat gampang untuk membuktikannya terjadi Tindak Pidana Korupsi melihat dari kualitas fisik tersebut Tutup R. Marzuki 


Sumanggar Siagian (Kasipenkum) Kejati Sumut menerima laporan dari Gam Sumut dan BPM Sumut menyampaikan kami akan secepatnya menindak lanjuti apa yang telah dilaporkan oleh mahasiswa dan Laporan ini nantinya akan saya sampaikan ke pimpinan (Plt. Kajati Sumut) Pungkas Sumanggar. 


Ditempat terpisah Wartawan Starindonews.com berulangkali menghubungi Plt. Kepala Dinas PU melalui telpon selulernya untuk dimintai keterangan, namun sayangnya nomor Plt. Kadis PU tak kunjung aktif hingga berita ini dimuat. 


(Team)