Bupati Indra Yasin Dinobatkan sebagai Ketua Badan Kerja Sama Utara-utara (BKSU) periode Tahun 2021 -->

Iklan Atas

SELAMAT DATANG DI WWW.STARINDONEWS.COM BERITA AKTUAL SESUAI FAKTA

Bupati Indra Yasin Dinobatkan sebagai Ketua Badan Kerja Sama Utara-utara (BKSU) periode Tahun 2021

Redaksi
Wednesday, December 16, 2020


Starindonews.com | Gorontalo - Peningkatan kerja sama antar daerah akan terus didorong dalam rangka memanfaatkan keunggulan komparatif maupun kompetitif setiap daerah, untuk menghilangkan ego pemerintah daerah yang berlebihan, serta menghindari timbulnya inefisiensi dan inefektifitas dalam pelayanan public. 


Demikian disampaikan oleh Bupati Gorontalo Utara Indra Yasin saat mengikuti Rapat Koordinasi Badan Kerjasama Utara-Utara di Gedung Wanita Kabupaten Bolmog Utara, Senin ( 14/12/20).


Menurut Bupati Indra Yasin, bahwa Kerjasama ini dilaksanakan oleh daerah yang berbatasan atau tidak berbatasan untuk penyelenggaraan urusan pemerintahan yang menjadi kewenangan daerah namun dipandang lebih efektif dan efisien jika dilaksanakan dengan bekerjasama, untuk mengatasi ketimpangan antar daerah. 


"Oleh karenanya Kabupaten Gorontalo Utara dari sisi geostrategis sangat menguntungkan, maka harusnya memanfaatkan momentum ini dengan sebaik-baiknya," cetus Indra Yasin.


Tadi telah diungkapkan hasil pemetaan keunggulan masing-masing daerah, dimana Gorontalo Utara menonjol dengan baik dari segi potensi sumber daya alam dibidang perikanan tangkap disbanding daerah lainnya. 


"Garis pantai yang lebih luas dari daerah lain menjadi salah satu titik tolak untuk bergerak lebih akseleratif, dengan program-program yang tepat, dan cepat dalam kerangka mengangkat ekonomi masyarakat," kata Bupati.


Kerjasama antar pemerintah daerah merupakan suatu isu yang perlu diperhatikan pemerintah saat ini mengingat perannya dalam menentukan ketahanan negara dan melihat begitu banyak masalah dan kebutuhan masyarakat di daerah yang harus diatasi atau dipenuhi dengan melewati batas-batas wilayah administratif. 


"Untuk mensukseskan kerjasama ini diperlukan identifikasi isu-isu strategis, bentuk atau model kerjasama yang tepat, dan prinsip-prinsip yang menuntun keberhasilan kerjasama tersebut," jelas Indra.


Mengingat peran strategis yang dimainkan propinsi dalam sistem negara kesatuan ini, maka peningkatan peran dan kemampuan propinsi dalam mekanisme kerjasama ini, termasuk penyesuaian struktur dan fungsi kelembagaannya, harus menjadi agenda penting pemerintah di masa mendatang, olehnya Indra Yasin sangat berharap dipertemuan yang akan datang melibatkan pemerintah provinsi dari masing-masing kabupaten yang telah membangun kerja sama ini. 


"Juga diperlukan adanya hasil identifikasi dari masing-masing daerah sector dominan pengaruhnya untuk menjadi lokomotif peningkatan ekonomi. Tentu saja ini akan semakin mempermudah memetakan keunggulan local agar daerah-daerah ini berkembang bersama-sama," ucap Bupati Undra Yasin.


Hal yang lain mengemuka dalam rapat koordinasi kali ini adalah Bupati Gorontalo Utara dinobatkan sebagai Ketua Badan Kerja Sama Utara-Utara (BKSU) untuk periode tahun 2021, dan juga adanya gagasan untuk membangun sekretariat  bersama, serta bergabungnya Kabupaten Minahasa Tenggara untuk lebih memperkuat barisan kerja sama antar daerah ini. Disamping itu kerja sama ini pula Kedepan akan lebih dikongritkan melalui kerjasama antar OPD diwilayah Utara-Utara. (Aru)