Tabungan Sampah Bisa Menghasilkan Uang dan Emas (Bank Sampah) -->

Iklan Atas

SELAMAT DATANG DI WWW.STARINDONEWS.COM BERITA AKTUAL SESUAI FAKTA

Tabungan Sampah Bisa Menghasilkan Uang dan Emas (Bank Sampah)

Redaksi
Thursday, October 22, 2020


Starindonews.com | Prabumulih - Desa air keruh salah satu desa yang termasuk dalam kecamatan Rambang kabupaten muara Enim Sumsel.yang luasnya lebih kurang 70 Hektar dan desa tersebut disebelah Utara berbatasan dengan Desa Tanjung Menang Kecamatan Rambang Kapak Tengah (RKT), kota Prabumulih dan disebelah Timur Barat dan selatan berbatasan dengan Desa Sukarami.


Awak media starindonews.com prabu mulih menyambangi masyarakat desa air keruh yang sedang berkumpul sangat ramai berada di balai desa kantor kepala desa air keruh sedang melaksanakan kegiatan tentang manfaat dari pada bank sampah yang sedang digalakkan oleh pemerintah desa air keruh dalam hal ini pemerintah kecamatan Rambang kabupaten Muara Enim Sumsel.



Team penggerak PKK desa air keruh beserta kepala desa air keruh Surmansyah SH.memberikan bimbingan dan pembinaan terhadap masyarakatnya agar dengan adanya program bank sampah ini masyarakat desa air keruh hususnya dapat mengatasi sampah dan pada akhirnya bisa mendapatkan peluang peningkatan  kesejahteraan masyarakat desa air keruh dan bisa juga meningkatkan ekonomi desa air keruh alias pendapatan desa.(PAD).


Dihadapan puluhan kader dan team penggerak PKK Desa air keruh ibu ibu PKK sangat antusias dan bersemangat mendengarkan pengarahan serta petunjuk dan pembinaan tehnis pengelolaan sampah agar sampah rumah tangga dan  sampah yg lainnya yaitu Sampah organik dan non organik dapat menghasilkan uang. Menurut manager Humas BSP kota Prabumulih yakni ibu Siti Zulaiha.



Menurut penjelasan manager Humas BSP.disamping kita mendapatkan uang dari sampah seperti sampah plastik yaitu bisa dimanfaatkan lagi contoh bisa jadi tas,Dompet,Tempat Tisu,dan lain lain dan Kegiatan bank sampah ini bisa menyulap lingkungan menjadi bersih sehingga desa Air keruh bersih dan sehat.


Bank Sampah yang dimaksudkan adalah dimana sampah itu dipilah pilah dahulu atau di Pisah pisah kan dahulu mana yang organik dan non organik.seperti plastik itu bisa dibersihkan dan dirapikan lalu disimpan dengan rapih ketempat wadah pengumpulan sampah alias bank sampah untuk dikumpulkan sebanyak mungkin sehingga bisa dibawak ketempat bank sampah untuk dijual kebank sampah sehingga petugas bank mencatat no rekening penjual sampah tersebut untuk dibayarkan sesuai dengan harga yang telah diatur oleh petugas bank sampah setempat.


Selain sampah plastik tadi ada juga sampah rumah tangga yg organik seperti bekas sayuran,daun daunan termasuk kotoran hewan itu dikumpulkan dalam sebuah wadah sampah dikelolah dengan carah dicacah sehingga bisa kering dan menjadi pupuk tanaman bila terkumpul cukup banyak bisa dijual juga ke bank sampah.( Pungkas manager Humas BSP).


Sehingga harapan pemerintah Desa dalam hal ini kepalah  Desa air keruh Surmansyah SH.dengan kegiatan bank sampah ini masyarakat termotifasi untuk memulai dan mengerjakan kegiatan tersebut sehingga membuahkan hasil pendapatan masyarakat itu sendiri yg pada akhirnya bisa meningkatkan kesejahteraan ekonomi rumah tangga.


Dalam hal program ini kami selaku kePalah Desa air keruh berusaha memberikan dukungan dan kemudahan fasilitas yg ada sesuai dengan kemampuan desa kita.begitu juga dengan ibu manager Humas BSP nya kiranya Dapat memberikan kemudahan dalam program kegiatan bank sampah ini. (Sbwh)