Literasi Bergerak Dari Rumah Baca Aksara Di SMAN 3 Borong -->

Iklan Atas

SELAMAT DATANG DI WWW.STARINDONEWS.COM BERITA AKTUAL SESUAI FAKTA

Literasi Bergerak Dari Rumah Baca Aksara Di SMAN 3 Borong

Redaksi
Thursday, October 29, 2020

Komunitas Peduli Literasi Rumah Baca Aksara Di SMAN 3 Borong


Starindonews.com | BORONG - Memenuhi undangan dari OSIS SMAN 3 Borong, Rumah Baca Aksara kembali menggelar lapak baca buku gratis di salah satu lembaga pendidikan di Kabupaten Manggarai Timur, Nusa Tenggara Timur, tersebut.


Kegiatan yang bertajuk "Literasi Bergerak" ini diselenggarakan dalam rangka memperingati hari Sumpah Pemuda di lingkup SMAN 3, pada Rabu (28/10/2020)


Tidak hanya lapak baca buku gratis, satunya-satunya komunitas peduli literasi di wilayah Manggarai ini juga menggelar pameran hasil karya seni mereka, seperti lukisan dan karya lainnya yang dihasilkan dari pengolahan sampah kertas.



Pembina OSIS SMAN 3 Borong, Wilibrodus Barus, kepada Starindonews.com membeberkan beberapa alasan pihaknya menyelenggarakan kegiatan bersama Rumah Baca Aksara.


"Tujuan utama kegiatan bersama RBA adalah yang pertama, kami melihat gagasan dari komunitas ini sangat luar biasa, sehingga ini menjadi peluang bagi SMAN 3 Borong menjalin mitra dengan harapan akan saling membagi pengetahuan dengan anak-anak kami kedepan dalam berliterasi. sekaligus akan membawa wawasan baru bagi kami dari beberapa product yang dihasilkan RBA" Ungkap Wilibrodus.


Tak hanya itu, Wilibrodus juga menyampaikan beberapa hal tentang kegiatan bersama Rumah Baca Aksara dan kaitannya dengan peringatan Sumpah Pemuda.


"Kegiatan ini sangat berkaitan dengan hari Sumpah Pemuda, karena RBA merupakan anak-anak muda yang memiliki potensi luar biasa, sehingga menjadi inspirasi bagi anak kami di SMAN 3 Borong" Tuturnya.


Sebagai penghargaan atas undangan, kawan-kawan Rumah Baca Aksara total menyiapkan persiapan sebagai ciri khas komunitas peduli literasi.


Hal itu disampaikan oleh koordinator Rumah Baca Aksara, Virgilius Geryl, kepada Starindonews pada rabu (28/10/2020). 


"Kehadiran kami sebagai undangan dari pihak penyelenggara. tujuan kami, tentu ingin membuka relasi sekaligus menebar semangat kesadaran terhadap literasi. tentu tidak hanya menyoal baca dan menulis. akan tetapi, membangun daya kreativitas siapa saja dalam bentuk karya. baik itu dibidang seni, handcraft, dan bakat yang dimiliki di bidang seni lainnya. mengilhami hari Sumpah Pemuda, kami sebagai komunitas yang bergerak secara kolektif, ingin memprovikasi kawan-kawan lain agar bisa berkarya dengan semangat dan jiwa yang kritis serta mandiri" Jelas Gheryl.


Disisi lain, Virgilius Gheryl menyampaikan kesan dari agenda kegiatan komunitasnya bersama SMAN 3 Borong.  


"Jujur saja, kami sangat antusias. karena lembaga pendidikan dalam hal ini SMAN 3 Borong sebagai penyelenggara, memiliki ide kegiatan yang sangat bermanfaat bagi setiap komunitas yang terlibat, karena ada ruang interaksi atau ruang diskusi demi mewujudkan kesadaran peran kaum muda lewat momen Sumpah Pemuda" Tutupnya. (SH)