BPM SUMUT Resmi Laporkan 2 Oknum Kades Di Padang Lawas Ke Kejari Palas -->

Iklan Atas

SELAMAT DATANG DI WWW.STARINDONEWS.COM BERITA AKTUAL SESUAI FAKTA

BPM SUMUT Resmi Laporkan 2 Oknum Kades Di Padang Lawas Ke Kejari Palas

STARINDONEWS.ONLINE
Saturday, September 26, 2020

Foto Laporan Resmi dari Bpm Sumut. Dokumentasi : Sadar H Daulay


StarindoNews.Online 
Padang Lawas - Barisan Pemuda Dan Mahasiswa Sumatera Utara resmi laporkan Kepala Desa Sipirok Baru, Kecamatan Huristak dan Kepala Desa Tobing Kecamatan Aek Nabara Barumun Ke Kejaksaan Negri Kabupaten Padang Lawas. 


Kurnia Ikhsan sebagai Pelapor (I) mengatakan sesuai hasil informasi yang kami dapat dari masyarakat Desa Sipirok Baru Kecamatan Huristak Kabupaten Padang Lawas bahwa penggunaan Dana Desa Tahun Anggaran 2018-2019 di duga banyak indikasi penyimpangan yang berpotensi merugikan keuangan negara bahwa terdengar disinyalir anggaran Dana Desa Sipirok Baru Kecamatan Huristak 100% sudah masuk ke Rekening Desa namun setelah ditelusuri anggaran tersebut diduga tidak terealisasi alias Fiktif baik Fisik maupun pengadaan kegiatan lainnya. Ucap Kurnia. 


Selanjutnya Partahanan Sebagai Pelapor (II) mengatakan bahwa mulai dari tahap perencanaan, penganggaran,pelaksanaan,penata usahaan, pelaporan serta pertanggungjawaban Desa Tobing Kecamatan Aek Nabara Barumun Kabupaten Padang Lawas telah memenuhi syarat untuk pencairan Dana Desa Tahap (I) awal dan Tahap (II) dan tercantum dalam PAPBDes program kegiatan Dana Desa baik kegiatan, pengadaan dan bangunan Fisik. Dalam hal tersebut Pemerintah Kabupaten Padang Lawas mentransfer ke Rekening Desa Tobing 100%.


Tambahnya lagi menurut informasi yang didapat bahwa Desa Tobing Kecamatan Aek Nabara Barumun Kabupaten Padang Lawas sekitar tahun 2018-2019 melakukan pengadaan Sapi sebanyak kerunga lebih 30 Ekor dengan harga sesuai rancangan anggaran biaya (RAB) sekitar kurang lebih Rp. 7.000.000/Ekor dan bila dikalkulasikan dengan pagu anggaran yang telah di tetapkan di PAPBDes berarti sekitar Rp. 210.000.000. 


Setelah kami investigasi dilapangan kondisi sapi tersebut tidak ditemukan sehingga kami berasumsi dalam pengadaan sapi tersebut diduga terjadi penyimpangan yang menimbulkan kerugian negara. Ucap Partahanan


Kami dari Barisan Pemuda Dan Mahasiswa Sumatera Utara (Bpm Sumut) mengharapkan kepada pihak Kejaksaan Negri Kabupaten Padang Lawas agar melakukan penyelidikan secara tertulis dan Resmi kepada Kepala Desa Sipirok Baru Kecamatan Huristak dan Kepala Desa Tobing Kecamatan Aek Nabara Barumun Kabupaten Padang Lawas dan kami sangat yakin dalam penggunaan Dana Desa tersebut diduga syarat KKN dan kami sebagai pihak pelapor akan siap turun kelapangan untuk membuktikan atas dugaan yang dimaksud.


Tutup Kurnia dan Partahanan Sementara itu Kepala Desa Tobing ketika dikonfirmasi melalui via whatsapp mengatakan untuk pengadaan sapi tersebut dia ingin menggantinya dan seolah enggan berkomentar.


"untuk masalah pengadaan sapi tersebut saya ingin menggantinya, namun ketika ditanya atas laporan resmi dari BPM SUMUT dia menjawab "terserah mereka". Tutup Kades Tobing Kades Sipirok Baru sampai saat ini belum juga dapat dihubungi.


Penulis Sadar H Daulay